Seperti Apa Kualitas Terang Hidupmu?
Kalangan Sendiri

Seperti Apa Kualitas Terang Hidupmu?

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      8098
Show English Version

Yohanes 8 : 12

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu13[/kitab]; [kitab]wahyu19[/kitab]; [kitab]0ayub1-2[/kitab]

 

Cahaya adalah sesuatu yang sangat kita perlukan di dalam kehidupan ini. Tanpa cahaya, manusia tidak mungkin dapat hidup, karena tidak ada manusia yang dapat hidup terus menerus di dalam kegelapan. Tetapi bagaimana dengan orang buta? Bukankah mereka dapat tetap hidup dalam kegelapan?

Memang betul, namun hal itu dikarenakan orang-orang yang ada di sekitarnya tidak buta. Jikalau seluruh orang di suatu daerah adalah orang buta maka sudah pasti ada kekacauan di daerah itu.

Begitu juga ketika kita berkendaraan di malam yang gelap, kita seharusnya memakai lampu yang terang dan awet dengan kualitas yang baik sehingga perjalanan kita aman. Sebaliknya jika lampu yang kita pakai redup pastilah sangat menyusahkan si pengemudi bahkan cenderung membahayakan dirinya maupun seluruh penumpang yang ada.

Tuhan Yesus berterus terang mengatakan pada seluruh umat manusia melalui murid-murid pertama-Nya bahwa Ialah terang dunia dan barang siapa mengikut Dia, orang tersebut tidak akan berjalan dalam kegelapan karena Yesus menciptakan manusia baru dalam orang tersebut, sebab manusia baru itulah terang hidup yang dimiliki orang percaya.

Namun pertanyaan yang sederhana bagi kita semua, “Seperti apakah kualitas terang hidup yang Anda miliki? Apakah hanya menerangi diri Anda sendiri? Ataukah sudah bisa menerangi orang lain? Atau jangan-jangan terang hidup yang Anda miliki pun masih membuat diri Anda tersandung?

Semakin berkualitas suatu cahaya maka semakin lenyaplah suatu kegelapan, demikianlah terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Ikuti Kami