Penuh Dengan Roh Kudus
Kalangan Sendiri

Penuh Dengan Roh Kudus

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      6833
Show English Version

Efesus  5:18

Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,


Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu10[/kitab]; [kitab]wahyu16[/kitab]; [kitab]nehem12-13[/kitab]


Pada zaman Rasul Paulus minuman anggur atau wine adalah hal yang umum untuk menggambarkan sesuatu yang dapat membuat seseorang menjadi mabuk. Tidak seperti zaman sekarang banyak hal yang dapat menggambarkan sesuatu yang dapat membuat seseorang menjadi mabuk.

Untuk menjadi mabuk seseorang perlu banyak meminum anggur, sebab kalau hanya sedikit seseorang meminumnya maka ia tidak akan menjadi mabuk. Dengan kata lain untuk menjadi mabuk seseorang perlu menyukai dan terbiasa dengan minuman tersebut lalu dengan penuh kerelaan ia mengisi penuh tubuhnya dengan sesuatu yang dapat membuat ia mabuk.

Alkitab menjelaskan dengan singkat dan sederhana bahwa anggur atau sesuatu yang dapat memabukkan dapat menimbulkan hawa nafsu. Dan kita juga tahu bahwa kebanyakan orang di zaman ini dengan sengaja menjadikan anggur/wine atau apa pun yang bisa memabukkan, sebagai alat untuk membuat mereka “happy, kompak, kuat dan berani”. Walau kenyataannya setelah sadar  mereka akan kembali kepada masalah mereka dan sebaliknya mereka terjebak dan terikat dalam kecanduan yang membuat mereka menjadi tergantung dengan hal-hal tersebut.

Firman TUHAN begitu hebat memberikan jawaban dan solusi bagi umat manusia. Melalui Rasul Paulus kita bukan hanya diberikan larangan dan pengetahuan tentang dampak negatif dari mabuk oleh anggur melainkan Rasul Paulus menjelaskan hal yang seharusnya dilakukan dan dimiliki oleh setiap manusia yaitu supaya kita penuh dengan Roh Kudus.

Daripada kita menjadi tergantung dengan anggur atau apapun yang dapat memabukkan lebih baik kita tergantung dan mabuk oleh Roh Kudus. Seperti murid-murid Tuhan Yesus yang kali pertama mengalami kepenuhan Roh Kudus di hari Pentakosta. Mereka yang dipenuhi Roh Kudus mampu untuk menyembah Allah dalam Roh dan Kebenaran dan sangat sukar menghentikan mereka untuk tidak memberitakan Injil, bernyanyi/bermazmur, berdoa, memuji, serta mengagungkan Tuhan dan perbuatan-perbuatan-Nya.

Untuk berbuat baik semua orang dapat melakukannya, tapi hanya orang yang selalu dipenuhi Roh Kuduslah yang hidupnya berkenan di hati Allah.

Ikuti Kami