Menjadi Wanita Kristen Teladan
Kalangan Sendiri

Menjadi Wanita Kristen Teladan

daniel.tanamal Official Writer
      24134
Show English Version

Roma 16:2b

"Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri."  

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu109[/kitab];[kitab]ipetr1[/kitab];[kitab]yehez23-24[/kitab]

Saat ini wanita tidak lagi hanya berperan di seputar rumah dan dapur tapi di segala bidang kehidupan yang ada. Mereka memiliki hak-hak yang sama dengan pria.  Kini wanita bisa berprofesi apa pun asal mereka mampu. Salah satu wanita yang tercatat dalam Alkitab yang patut kita teladani adalah Febe. Siapakah dia?

Febe yang dalam bahasa Inggris adalah Phoebe yang berarti bersinar-sinar, adalah seorang pelayan Tuhan di Kenkrea, sebuah kota pelabuahan di sebelah timur Korintus. Sebagai pemimpin jemaat Febe membuktikan bahwa dia memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kaum pria.

Meskipun bila dilihat dari namanya, Febe bukanlah seorang Yahudi, tapi ia orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dan hidupnya telah diubahkan. Febe bukan hanya percaya saja, tapi juga memiliki komitmen untuk melayani Tuhan.  Keberadaannya sebagai pelayan jemaat adalah bukti bahwa Febe bukanlah orang Kristen yang biasa-biasa saja, tapi dia seorang Kristen yang 'di atas rata-rata', sehingga ia pun dipercaya untuk menjadi pemimpin.

Selain sebagai pemimpin, Febe adalah sosok pribadi yang dikenal murah hati. Ia suka membantu orang lain dan juga pekerjaan Tuhan yang diakui juga oleh Paulus, "...ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri."

Adakah kita punya kemurahan hati seperti Febe ini? Ada tertulis, "Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri." (Amsal 11:17). Itulah sebabnya rasul Paulus mendorong agar orang-orang percaya di Roma menyambut dan menerima kehadiran Febe dengan baik.

Ikuti Kami