Semak Duri Jadi Raja
Kalangan Sendiri

Semak Duri Jadi Raja

Budhi Marpaung Official Writer
      6706
Show English Version

Hakim-Hakim 9:14

Lalu kata segala pohon itu kepada semak duri: Marilah, jadilah raja atas kami

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 132; Yohanes 9; Yeremia 40-42

Dalam [kitab]hakim9:8-15[/kitab] memuat perumpamaan yang menggambarkan situasi ketika Abimelekh dinobatkan menjadi raja di Sikhem. Dikisahkan, pohon-pohon di sebuah hutan sedang memilih raja. Mereka datang ke pohon Zaitun dan memintanya menjadi raja, tetapi dengan berbagai alasan Pohon Zaitun menolaknya. Begitu pula ketika mereka datang ke Pohon Ara dan Pohon Anggur, kedua pohon itu juga menolak. Akhirnya, mereka datang ke Semak Duri. Semak Duri bersedia menjadi raja. Namun, ketika Semak Duri yang menjadi raja, maka terbakarlah seluruh hutan itu.

Kita kerap kali mendengar bagaimana gereja atau persekutuan sulit sekali mencari orang yang mau menjadi anggota Majelis Jemaat atau pengurus bidang tertentu. Hal ini terjadi bukan karena tidak adanya orang-orang potensial, tetapi lebih karena orang-orang potensial menolak dengan berbagai alasan. Kadang alasannya memang bisa dipahami, tetapi tidak jarang alasan sama sekali tidak bisa ditoleransi; seperti tidak mau repot, tidak mau capek, atau bahkan merasa percuma, tidak ada untungnya. Akibat hal itu, seperti dalam perumpamaan di atas, "Semak Duri" (baca: orang yang tidak sepatutnya) yang kemudian menjadi "raja".

Maka, marilah singsingkan lengan baju untuk ambil bagian dalam pelayanan di gereja atau persekutuan. Jangan hanya jadi penonton. Betul, kita tidak perlu mencari-cari jabatan di gereja atau lembaga pelayanan, tetapi kalau tanggung jawab itu datang, sebisa mungkin jangan menolak. Tuhan menanti karya Anda - AYA

Tuhan pasti sudah mempertimbangkan ketika memilih Anda

Ikuti Kami