Terima Kasih
Kalangan Sendiri

Terima Kasih

Puji Astuti Official Writer
      5075

2 Tawarikh 32:25

Tetapi Hizkia tidak berterima kasih atas kebaikan yang ditunjukkan kepadanya, karena ia menjadi angkuh, sehingga ia dan Yehuda dan Yerusalem ditimpa murka.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 31; Kisah Para Rasul 3; Keluaran 11-12

Para orangtua selalu mengajari anak-anaknya sejak masih kecil untuk berterima kasih ketika si anak menerima sesuatu. Ucapan terima kasih sekalipun kelihatannya sepele namun sangat penting karena menunjukkan bahwa kita menghargai apa yang telah dilakukan si pemberi.

Hal serhana ini seringkali terlewatkan oleh banyak orang, salah satunya adalah Raja Hizkia. Dalam 2 Tawarikh 32 mengisahkan bahwa Raja Hizkia harus berhadapan dengan murka Tuhan karena tidak berterima kasih atas kebaikan Tuhan. Padahal sepanjang masa ia memerintah, Hizkia adalah raja yang takut akan Tuhan dan banyak perbuatan ajaib yang Tuhan lakukan di dalam hidupnya.

Apa sebabnya Hizkia lupa berterima kasih kepada Tuhan? Alkitab mencatat penyebabnya adalah keangkuhannya. Setelah semua kejayaan yang Tuhan berikan kepadanya, dituliskan bahwa Hizkia diagungkan oleh semua bangsa (ayat 23). Hal tersebut membuatnya lupa diri.

Bukankah kisah Hizkia terdengar familiar? Ya, kita pun sering demikian. Ketika kelimpahan dan kemakmuran Tuhan berikan, kita kemudian menjadi sombong dan melupakan Tuhan. Kita menjadi mengandalkan kekayaan kita, orang-orang yang kita kenal dan juga diri sendiri. Kita tidak lagi mengandalkan Tuhan.

Dampak kesombongan Hizkia, bukan hanya atas dirinya, tapi murka Tuhan juga turun atas seluruh Yehuda dan Yerusalem. Untunglah Hizkia segera sadar lalu bertobat dan merendahkan diri bersama seluruh bangsa yang dipimpinnya sehingga akhirnya “murka TUHAN tidak menimpa mereka pada zaman Hizkia.” (ayat 26).

Hari ini mari kita selidiki hati kita masing-masing, apakah ada kesombongan yang diam-diam terselip disana? Jika ada, mari segera bertobat. Mari jadi pribadi yang penuh rasa syukur dan tahu berterima kasih, karena segala sesuatu yang kita nikmati hari ini adalah pemberian Tuhan.

Sebuah ungkapan terima kasih sekalipun sederhana tapi sangat penting, jangan sampai kita melupakannya.

Ikuti Kami