Peringatan Bagi Orang Kaya
Kalangan Sendiri

Peringatan Bagi Orang Kaya

Contasia Christie Official Writer
      419

1 Timotius 6:17

"Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati."

 

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 30; Kisah Para Rasul 2; Keluaran 9-10

Menjadi kaya mungkin menjadi harapan semua orang di dunia ini. Sampai saat ini saya belum pernah menemui orang yang mimpinya menjadi orang miskin. Minimal, seseorang berharap hidupnya berkecukupan.

Tapi tahukah Anda ada tanda bahaya berkaitan dengan “keinginan” menjadi kaya? Dalam surat Paulus kepada muridnya Timotius, ia memperingatkan, “Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.” (1 Timotius 6:9). Bahkan di ayat 17, orang yang sudah kaya pun juga diperingatkan oleh Paulus agar jangan sampai sombong dan berharap pada kekayaannya.

Masalahnya bukanlah pada kekayaannya, tetapi kepada hati kita. Jika hati kita dikendalikan oleh keinginan untuk menjadi kaya atau bahkan oleh kekayaan itu sendiri, maka kita akan jatuh dalam berbagai pencobaan. Pada akhirnya, jika kita hanya terfokus pada kekayaan yang kita dapatkan, maka kita lupa pada siapa yang memberi kekayaan itu, yaitu Tuhan.

Tuhan bukannya tidak suka kita menjadi kaya, Tuhan sangat ingin kita hidup dalam kelimpahan. Yang Ia tidak inginkan adalah kita melupakan Dia dalam kelimpahan yang kita terima. Pada akhirnya, Tuhan yang kaya itu ingin memberikan segala sesuatu yang terbaik kepada kita untuk dinikmati. Jadi, mari kita syukuri segala hal yang sudah kita terima dari Tuhan.

Kaya hanyalah efek samping dari perkenanan Tuhan, untuk itu fokuslah pada Tuhan yang empunya segala kekayaan baik di sorga maupun di bumi.

Ikuti Kami