Mengingat Masa Lalu
Kalangan Sendiri

Mengingat Masa Lalu

Puji Astuti Official Writer
      4736

Mazmur 143:5

Aku teringat kepada hari-hari dahulu kala, aku merenungkan segala pekerjaan-Mu, aku memikirkan perbuatan tangan-Mu

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 25; Matius 25; Kejadian 49-50

Dalam Mazmur 143 jelas tergambar perasaan Daud yang tertekan. Di ayat 4 Daud berkata: Semangatku lemah lesu dalam diriku, hatiku tertegun dalam tubuhku. Namun saat ia sedang dalam masa-masa sulit itu, yang ia lakukan adalah mengingat-ingat pekerjaan Tuhan di masa lalu dan merenungkan apa yang sudah pernah Tuhan lakukan (ayat 5).

Dia tentu ingat tentang bagaimana Tuhan memakai Musa membawa Israel keluar dari Mesir, bagaimana dasyatnya penyertaan Tuhan selama 40 tahun di padang gurun, bahkan bagaimana Laut Merah terbelah dan tembok Yerikho runtuh. Pastinya, Daud juga mengingat tangan Tuhan yang menyertai hidupnya. Bagaimana ia membunuh beruang dan juga singa hanya bersenjatakan tongkat gembalanya. Bahkan bagaimana Tuhan memegang tangannya untuk mengalahkan Goliat berbekal batu dan ali-ali saja.

Mengapa Daud mengingat semua pekerjaan Tuhan yang dasyat di masa lalu? Karena ketika kita mengingatkan diri sendiri tentang apa yang Tuhan telah lakukan di masa lalu, hal tersebut membangkitkan iman kita akan apa yang Tuhan sanggup lakukan di saat ini, di masa Anda benar-benar membutuhkan Dia. Semua kisah dimasa lalu itu membuat kepercaan Anda meresap hingga tulang sumsum Anda, dan kebenaran itu terpatri dalam hati Anda oleh kuasa Roh Kudus.

Jadi apa yang sedang Anda hadapi sekarang? Apakah masalah Anda seperti raksasa Goliat? Ingatlah bahwa Tuhan bisa membuat Daud membunuh Goliat dengan sebuah batu saja, dan Tuhan yang sama mampu menolong Anda saat ini juga.

Ingatlah karya Tuhan di masa lalu dan percayalah bahwa Tuhan yang sama mampu menolong Anda saat ini.

Ikuti Kami