Menjaga Hati
Kalangan Sendiri

Menjaga Hati

eva Official Writer
      8328
Show English Version

2 Timotius 2:15

Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

Bacaan Alkitab Setahun:[kitab]Mazmu137[/kitab];[kitab]Yohan14[/kitab];[kitab]iitaw36:22-23[/kitab]

Selama bertahun-tahun saya mengajar kelas Pendalaman Alkitab (PA) untuk orang dewasa di sebuah gereja lokal dan selalu berupaya keras untuk memahami Kitab Suci dengan baik agar dapat menjawab pertanyaan yang diajukan para peserta. Belakangan, sewaktu mengikuti kuliah semester pertama di seminari pada saat saya berusia 40 tahun, saya sadar pernah memberikan jawaban yang salah atas pertanyaan seorang wanita yang meng-hadiri kelas PA saya. Saya yakin bahwa jawaban saya pastilah menyusahkan hatinya sepanjang dua tahun sejak saya terakhir bertemu dengannya. Saya berusaha memperbaiki kesalahan saya demi kebaikannya.

Begitu sampai di rumah, saya langsung meneleponnya dan mengucapkan permohonan maaf. Setelah suatu jeda yang panjang, ia berkata dengan bingung, “Maaf, saat ini saya tidak ingat lagi apa masalahnya.” Syukurlah, ternyata saya tidak meninggalkan kesan maupun dampak separah yang saya kira! Pada saat itulah saya sadar bahwa Allah bekerja menjaga kebenaran-Nya seiring pertumbuhan kita semakin memahami firman-Nya. Saya bersyukur Dia telah menjaga hati wanita itu.

Sebagai manusia, terkadang kita membuat kesalahan ketika kita membagikan firman Allah kepada orang lain. Namun kita berkewajiban untuk menggali kebenaran firman-Nya dengan tekun dan berhati-hati ketika kita memberitakannya (2 Tim2:15). Kemudian kita dapat dengan berani memberitakan tentang Allah, sambil berdoa agar Roh-Nya menjaga bukan hanya hati kita tetapi juga hati mereka yang rindu untuk kita layani. Allah dan firman-Nya layak kita beritakan dengan sangat hati-hati.

Kiranya Firman Allah memenuhi pikiran, menguasai hati, dan menuntun perkataan Anda

Ikuti Kami