Berani Mencoba Hal-hal Baru
Kalangan Sendiri

Berani Mencoba Hal-hal Baru

Puji Astuti Official Writer
      11645
Show English Version

Matius 14:28

"Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air."

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 19; Matius 19 ; Kejadian 37-38

Tidak banyak orang mau mencoba sesuatu yang baru dan beresiko. Tentu hal tersebut butuh keberanian tersendiri. Namun seperti itulah pribadi Petrus, murid Yesus yang sangat spontan ini suka mencoba sesuatu yang baru dan sepertinya jarang memikirkan resikonya. Salah satunya sewaktu ia meminta untuk berjalan di atas air juga untuk membuktikan bahwa yang ada dihadapannya benar-benar gurunya, Yesus.

Tahukah Anda, Yesus tidak keberatan dengan sikap Petrus tersebut. Ia mengijinkan Petrus untuk menghampirinya dan berjalan di atas air.

"Datanglah!" demikian perintah Yesus.

Jika saja saat itu Petrus tidak menjadi takut dan bimbang, tentu perjalanannya menemui Yesus dengan berjalan di atas air akan mulus. Tetapi itulah Petrus, selain berani, ia juga pribadi yang mudah bimbang, ia kemudian tenggelam dan berseru meminta pertolongan Tuhan. Yesus segera menolongnya dan menegur Petrus atas ketidakpercayaannya itu.

Satu hal positif yang bisa kita teladani dari kisah Petrus di atas adalah kita harus memiliki keberanian untuk mencoba hal-hal baru, hal-hal yang kadang cukup menantang iman kita. Tuhan pun tidak melarang kita, bahkan Ia siap membantu kita untuk keluar dari zona nyaman kita dan belajar mempercayai Dia untuk mencapai hal-hal baru tersebut. Pengalaman kita berjalan bersama Tuhan tersebut akan menjadi sebuah kesaksian hidup bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan yang sanggup mengerjakan hal-hal luar biasa melalui orang-orang biasa seperti kita.

Bayangkan jika Petrus saat itu seperti murid-murid lain, tentu dia akan kehilangan kesempatan menjadi orang kedua yang berjalan di atas air tanpa alat apapun. Demikian juga kita, jika kita tidak memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan mempercayai Yesus, kita akan kehilangan kesempatan untuk mengalami mukjizat-mukjizat yang luar biasa.

Dalam petualangan kita berjalan dalam iman percaya, jangan takut tenggelam, percayalah Tuhan selalu bersama kita dan siap untuk menolong setiap saat.

Ikuti Kami