Membangun Hati
Kalangan Sendiri

Membangun Hati

Mega Permata Official Writer
      3343

"Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik. sebab setiap pohon dikenal pada buahnya." Lukas 6:43-44a

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu100[/kitab]; [kitab]Lukas12[/kitab]; [kitab]Yosua11-12[/kitab]

Belakangan ini ada banyak perdebatan tentang moralitas. Sebagian beranggapan bahwa seseorang bermoral positif bila dari luar tampak ekspresi kesopanan dan kesusilaan. Namun, ada sebagian yang tidak setuju dan mengatakan bahwa tatanan moral yang positif tidak mesti melalui apa yang tampak luar. Misalnya banyak orang berpakaian sopan, tapi melakukan perzinahan, korupsi, dan sebagainya. Jadi, tampak luar seronok tidak apa-apa, yang penting tidak berzinah dan korupsi.

Apapun anggapan dunia mengenai tatanan moral, itu sah-sah saja. Namun, bagaimana tatanan moral sesuai dengan firman Tuhan? Untuk itu, kita perlu ingat dua hal. Pertama, jangan bingung dengan standar dunia. Jangan jadikan standar dunia menjadi standar hidup kita. Kedua, jika motivasi kita benar tetapi caranya salah, hal itu bisa mengakibatkan batu sandungan, membuat nama Tuhan dipermalukan.

Bagi para anak Tuhan, hidup manusia luar kita, sikap, perilaku dan perkataan, haruslah memancarkan terang Tuhan. Namun, itu semua terjadi jika manusia batiniah kita mengalami pemulihan terus menerus. Pertanyaannya, ketika orang lain melihat hidup kita, apakah orang lain melihat terang Tuhan? atau sebaliknya, yang mereka lihat adalah hal-hal tidak senonoh, tidak bermoral, dan tidak mempunyai nilai kebenaran? 

Ikuti Kami