Berputar-putar Di Padang Gurun
Kalangan Sendiri

Berputar-putar Di Padang Gurun

Puji Astuti Official Writer
      42185

Ulangan 8:2

"Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak."

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 25; Matius 25; Kejadian 49-50

Musa dipilih Tuhan untuk memimpin bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian, namun dalam perjalanannya mereka harus melewati padang gurun. Seharusnya sekalipun dalam kelompok besar, hanya dibutuhkan waktu beberapa minggu dari Mesir menuju Kanaan. Namun bangsa Israel harus menjalaninya selama 40 tahun. 

Apa saja yang mereka kerjakan selama 40 tahun di padang gurun? Mereka hanya berputar-putar saja. Dalam perjalanan mereka selama di padang gurun, Tuhan mengijinkan mereka melewati ujian demi ujian dan  berkata, "Apakah kamu mempercayai Aku?" Setiap kali mereka gagal melewati ujian, mereka dibawa berputar kembali di padang gurun itu. Tetapi sekalipun berada di padang gurun, mereka disana bukan secara kebetulan atau sebuah kecelakaan. Penantian mereka selama 40 tahun memiliki suatu tujuan. 

Selama 40 tahun itu, Tuhan ingin mengajarkan bangsa Israel kerendahan hati dan juga kebenaran Firman Tuhan yang harus mereka hidupi. Padang gurun itu adalah tempat pelatihan yang Tuhan sediakan bagi Israel dan selama pelatihan itu mereka tidak kekurangan apapun. Mereka tidak bekerja di ladang untuk mendapatkan gandum atau berburu untuk mendapatkan daging, Tuhan menyediakan manna dan juga daging ketika bangsa itu menuntutnya. 

Hari ini apakah Anda merasa seperti berada di padang gurun? Kering, menghadapi kesulitan, ujian demi ujian yang rasanya tiada henti silih berganti? Tenanglah, percayalah bahwa sekalipun Anda ditengah padang gurun, Tuhan tetap beserta Anda. Bahkan Dia menjaga dan memelihara Anda di masa-masa sulit itu. 

Mari belajar dari Musa, dituliskan dalam (Bilangan 33:2), "Musa menuliskan perjalanan mereka dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan sesuai dengan titah TUHAN; dan inilah tempat-tempat persinggahan mereka dalam perjalanan mereka:" Apakah Anda menuliskan pengalaman Anda selama menjalani padang gurun? Mulai hari ini, tuliskanlah dan renungkan apa yang Anda pelajari dari setiap ujian yang Anda alami. 

Masa penantian di padang gurun akan mempersiapkan kita untuk memasuki masa peperangan untuk mengklaim janji Tuhan di Tanah Perjanjian. Jadi, lembutkan hati kita untuk Tuhan membentuk kita seturut kehendak-Nya. 

Ikuti Kami