Arti Sebuah Nama
Kalangan Sendiri

Arti Sebuah Nama

Puji Astuti Official Writer
      8407

Amsal 18:10

Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.

Bacaan Alkitab Setahun  [kitab]Mazmu22[/kitab] ; [kitab]Matiu22[/kitab] ; [kitab]Kejad43-44[/kitab]

Seringkali orang berkata, apa arti sebuah nama. Namun bagi orangtua saat mereka memilih nama, mereka tidak dengan sembarang memilih. Nama terkadang adalah sebuah doa dan harapan orangtua untuk anaknya, agar sang anak bisa menghidupi arti dari namanya.  Ada pula kepercayaan seorang anak yang sakit-sakitan saat kecil itu karena namanya memiliki arti yang terlalu besar, sehingga ia harus  diganti namanya. 

Beberapa ada yang berhasil memenuhi harapan orangtuanya itu, sebagai contoh di Florida ada seorang dokter gigi bernama Dr. Toothman, atau seorang pemotong rambut bernama Dan Druff. Namun tidak jarang ada juga orangtua yang memilih nama cukup aneh untuk anaknya, contohnya dulu seorang teman di kantor saya bernama Happy No Money. Mungkin orangtuanya berharap agar dia akan tetap bahagia sekalipun sedang tidak punya uang. 

Namun tahukah Anda bahwa Tuhan sangat serius ketika memilih nama. Ia mengganti nama Abram menjadi Abraham yaitu bapa sejumlah besar bangsa, Sarai menjadi Sara karena ia akan menjadi ibu bangsa-bangsa.  Ia mengganti nama Yakub yang artinya penipu menjadi Israel yaitu pemenang.  Hal yang sama juga berlaku dengan nama Tuhan, setiap namanya menggambarkan karakter dan kuasanya. Karena setiap nama Allah memiliki kuasa dan otoritas. 

Dialah Adonai, Tuan dan Allah yang perkasa; Elohim yaitu Sang Pencipta yang Maha Kuasa; Jehova Jireh yaitu Tuhan yang mencukupi, Jehova Rapha Allah yang menyembuhkan dan Jehova Shalom yaitu Tuhan Sumber Damai Sejahtera. Ada banyak lagi nama Tuhan yang menggambarkan pribadinya yang penuh kasih, kuasa dan otoritas.  Karenanya kita tidak boleh sembarangan menyebutkan nama Tuhan, atau bahkan menggunakannya untuk mengutuk. 

Nama Tuhan adalah menara yang kuat, sebuah tempat perlindungan, bukan sebuah rumah dengan atap jerami.  Jadi jika kita sedang terombang-ambing dalam badai pencobaan, ingatlah kepada nama Tuhan, serukanlah nama-Nya, Dia akan mendengarkan seruanmu dan mengulurkan tangan menolong pada waktu-Nya yang indah. 

Nama Tuhan bukan sekedar kata-kata kosong biasa, namun memiliki kuasa dan otoritas. Jangan ucapkan sembarangan, namun katakan dengan penuh iman akan makna dibalik nama tersebut. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Ikuti Kami