Cinta untuk Indonesia
Kalangan Sendiri

Cinta untuk Indonesia

Theresia Karo Karo Official Writer
      4478

Daniel 9:16

Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu, biarlah kiranya murka dan amarah-Mu berlalu dari Yerusalem.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu16[/kitab]; [kitab]Matiu16[/kitab]; [kitab]Kejad31-32[/kitab]

Dalam amanat kemerdekaan 17 Agustus 1963, Bung Karno mengungkap sedikit rahasia tentang bagaimana ia menulis amanatnya, "Saya menulis pidato ini sebagaimana biasa dengan perasaan cinta yang meluap-luap terhadap Tanah Air dan Bangsa ...." . Setiap orang yang memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air, pasti merindukan yang terbaik terjadi atas bangsanya.

Pada Daniel 9:12-19, kita dapat membaca tentang bangsa Israel yang telah banyak melakukan pelanggaran. Mereka meninggalkan Tuhan dan tidak mau berbalik dari dosa-dosanya. Karenanya bangsa ini tidak akan luput dari keadilan Tuhan-malapetaka bagi yang melanggar ketentuan-Nya.

Daniel begitu mencintai bangsanya, itu sebabnya dia sangat sedih ketika menyadari bahwa bangsanya berada di ambang penghukuman Tuhan. Kondisi "carut-marut" bangsanya karena dosa, tidak mengurangi cinta Daniel. Karena itu, ia membawa bangsa Israel dalam doanya kepada Tuhan. Dalam kondisi yang seolah-olah tidak mungkin, Daniel memohon agar Tuhan mengampuni dan melepaskan bangsa Israel dari malapetaka (Daniel 9:18).

Indonesia mungkin bukan negara yang ideal. Masih banyak kondisi yang memprihatinkan, ancaman keamanan, korupsi belum diberantas tuntas, tetapi kiranya itu tidak mengurangi cinta kita terhadap tanah air.

Karena kalau bukan kita yang mencintai negeri ini, lalu siapa lagi? Seperti Daniel, mari kita doakan negeri kita dengan penuh cinta. Kita mohonkan ampun atas pelanggaran yang dilakukan setiap elemen bangsa ini. Kita mohonkan belas kasihan Tuhan untuk Indonesia. (Sabda.org)

Indonesia adalah titipan Tuhan, mari kita cintai dengan segenap jiwa dan raga.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Ikuti Kami