Saksi
Kalangan Sendiri

Saksi

Yenny Kartika Official Writer
      8307
Show English Version

1 Yohanes 1:3

Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu…

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu134[/kitab]; [kitab]iiKor7[/kitab]; [kitab]iTawa3-4[/kitab]

 

Peristiwa air bah ([kitab]Kejad8:5-13[/kitab]) yang Nuh alami bersama keluarganya sungguh amat dramatis. Menurut teori ilmu komunikasi, Nuh menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai sumber (orang pertama yang mengetahui peristiwa dan terlibat di dalamnya) dan pembawa kabar (jurnalis) dari apa yang dilihatnya. Layaknya seorang wartawan, Nuh berharap-harap cemas apa yang akan terjadi waktu demi waktu.

Menurut kaidah dalam ilmu jurnalistik, andai saja apa yang dialami Nuh terjadi di zaman sekarang, atau andai saja pada saat itu sudah ada kamera televisi, surat kabar, atau jaringan internet, peristiwa yang dilaporkan Nuh pasti akan bernilai sangat tinggi, karena dia langsung berada di tempat dan mengalami langsung peristiwanya. Laporan/berita yang dibuat Nuh pasti akan dikutip banyak media. Tidak ada yang dapat menggantikan berharganya seorang saksi.

Sebagai orang Kristen, kita sering menyebut aktivitas membagikan pengalaman iman sebagai “bersaksi” atau “memberi pernyataan iman”. Ini adalah sebuah konsep akurat yang diambil langsung dari Alkitab. Yohanes, teman seperjalanan sekaligus murid Yesus, menulis, “Kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu.” (1Yohanes 1:2,3)

Jika Anda mengenal Yesus sebagai Juruselamat dan telah mengalami kasih, rahmat, dan pengampunan-Nya, Anda dapat bercerita tentang Dia kepada orang lain. Tidak perlu pendidikan teologi atau jabatan tertentu. Ketika tiba saatnya untuk menceritakan kisah yang indah kepada seseorang tentang bagaimana Yesus Kristus dapat mengubah hidup manusia, tak ada yang dapat menggantikan saksi pertama seperti Anda.


UNTUK BERSAKSI PADA SESAMA APA YANG DAPAT KRISTUS LAKUKAN,

CERITAKANLAH KARYA KRISTUS DALAM HIDUP ANDA

Ikuti Kami