Menunggu Diperlengkapi
Kalangan Sendiri

Menunggu Diperlengkapi

Puji Astuti Official Writer
      4397

Lukas 24:49

Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 142; Yohanes 2; 2 Samuel 11-12

Apakah para murid dapat menggenapi rencana Allah tanpa bantuan kuasa Roh Kudus? Tidak. Hal yang sama juga berlaku dengan kita.

Hal ini harusnya tertanam dalam benak kita, karena biasanya bila kita sedang terbakar oleh visi dan juga semangat yang berapi-api, kita melupakah hal yang sangat esensi ini. Kita mungkin melihat “gambaran besarnya” dan telah membuat rencana langkah demi langkah untuk mencapai tujuan, namun tanpa peran Roh Kudus, semua yang kita lakukan akan menjadi sekedar unjuk kekuatan manusia saja dan apa yang dicapai tidak akan maksimal seperti yang Tuhan inginkan.

Seringkali kita tergoda untuk melakukan sesuatu, baru kemudian meminta Tuhan untuk memberkati apa yang kita lakukan tersebut. Namun kita jarang sekali “menantikan” tuntunan Roh Tuhan dalam langkah-langkah yang akan kita buat.

Sebagai contoh, kita tidak mungkin berperang tanpa terlebih dahulu dilatih sebagai seorang prajurit dan juga diperlengkapi dengan persenjataan bukan? Jadi, mengapa kita berani melayani tanpa “dipenuhi kuasa dari yang Maha Tinggi”?

A.B Simson, pendiri Christian and Missionary Alliance mengkomentari tentang ayat yang ditulis Lukas di atas seperti ini: “Hari-hari penantian para murid diperlukan agar para murid menyadari kebutuhan mereka, ketidakberartian mereka, kegagalan mereka dan ketergantungan mereka kepada Tuhan. Mereka harus mengosongkan diri mereka terlebih dahulu sebelum diisi.”

Apakah hari ini kita memiliki kesadaran ini, bahwa kita membutuhkan Roh Kudus lebih dari apapun yang kita miliki? Apakah kita mengerti bahwa kita perlu mengosongkan diri sebelum Dia mengisi kita? Apakah kita berkomitmen untuk tinggal dan menungguh hingga kita dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus?

Tanpa Roh Kudus, apa yang kita lakukan hanyalah sebuah kegiatan yang tidak memiliki kuasa dan tak berdampak bagi kekekalan.

Ikuti Kami