Standar Ganda
Kalangan Sendiri

Standar Ganda

Puji Astuti Official Writer
      4641

Mazmur 101:2

Aku hendak memperhatikan hidup yang tidak bercela: Bilakah Engkau datang kepadaku? Aku hendak hidup dalam ketulusan hatiku di dalam rumahku.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 101; Lukas 13; Yosua 13-14

Ukuran yang benar dari kesehatan rohani seseorang bisa dilihat di rumahnya. Kita bisa menjadi super rohani di tempat kerja, di komunitas kita, di sekolah, dan bahkan di gereja.. tetapi siapa diri kita yang sebenarnya akan terlihat di rumah kita.

Rumah adalah tempat dimana kita cenderung untuk menutup pintu dan dikelilingi oleh orang-orang yang tidak ingin kita buat terkesan. Rumah adalah tempat dimana kita mengendorkan kewaspadaan dan membuka semua topeng. Rumah adalah tempat kita tampil apa adanya, dimana kita bisa mengekspresikan diri. Dan seringkali, perbedaan antara kita di rumah dan diluar sangat dramatis.

Pemazmur menuliskan bahwa dirinya ingin hidup dalam ketulusan hati, dalam terjemahan bahasa Inggris penggalan ayat di atas adalah “I will live in my own home with integrity”. Dalam hal ini pemazmur ingin mengatakan bahwa hidupnya di luar rumah maupun di dalam rumah adalah sama, pribadi yang berintegritas. Ia selalu menjadi pribadi yang sama, baik bagi keluarganya maupun bagi rekan-rekan kerjanya.

Dapatkah kita mengatakan hal yang sama? Mari jalani hidup ini tidak dengan standar ganda. Milikilah integritas seperti Yesus, hidupilah kebenaran dimanapun kita berada. Dengan jalan demikian kita menjadi saksi-saksi Kristus yang tidak bercela dan tidak menjadi batu sandungan bagi siapapun, termasuk kaum keluarga kita sendiri.

Jangan hidup dalam standar ganda, hiduplah dalam integritas dimanapun kita berada.

Ikuti Kami