Biarlah Terangmu Bercahaya
Kalangan Sendiri

Biarlah Terangmu Bercahaya

Lestari99 Official Writer
      7810
1 Timotius 4:12
Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 36; Kisah Para Rasul 8; Keluaran 21-22

Satu hal yang perlu diingat oleh dunia yaitu keteladanan yang baik. Mereka perlu melihat umat Tuhan hidup dalam kasih dan kesucian serta iman dalam rumah mereka, dalam sekolah mereka dan dalam pekerjaan mereka.

Rasul Paulus menaseti kita dalam Roma 12:17 untuk hidup tidak bercela di hadapan semua orang. Ayat lain mengajarkan kita untuk menghindari semua kejahatan. Jadi, bila Anda mengikuti Tuhan, jagan menyerempet bahaya. Berjalanlah sepenuhnya menurut petunjuk Tuhan. Berlakulah sedemikian rupa sehingga orang tidak meragukan diri Anda sebagai orang Kristen. Biarlah orang-orang di sekitar Anda melihat kasih, iman dan kesucian Anda dalam setiap situasi.

Teladan Anda akan jauh lebih berpengaruh ketimbang perkataan Anda. Ketika putra kami, John, masih kecil, kami meluangkan waktu dengan kakek dan nenek saya. John sedang tidur dengan kakek saya dan dia terbangun di malam hari lalu berkata, "Kek, telingaku sakit. Maukah kakek mendoakannya?" Kakek dan nenek saya diasuh oleh gereja yang tidak mempercayai kesembuhan ilahi. Saya tidak tahu tindakan kakek saya waktu itu, tetapi apapun yang ia lakukan tidak membuat John kembali tidur. Jadi, John langsung bangun dan berkata, "Aku akan pergi tidur dengan ibuku. Bila dia berdoa, telingaku tidak sakit lagi." Sekitar 18 tahun kemudian, kakek saya menceritakan kisah itu.

Anda lihat, saya telah memberikan teladan iman dan kasih, dan John mengingatnya. Selagi anak-anak Anda bertumbuh dewasa, mereka mungkin lupa akan sebagian khotbah yang telah Anda beritakan atau bertindak seakan-akan mereka tidak berminat dalam hal-hal yang berkaitan dengan Tuhan. Tetapi mereka takkan pernah melupakan teladan Anda.

Bahkan di tempat kerja Anda atau hanya di lingkungan Anda, orang-orang mungkin menolak kata-kata yang Anda ucapkan. Tetapi mereka tidak pernah menyangkal atau melupakan tindakan kasih Anda.

Jangan biarkan dosa-dosa kecil dan kompromi rohani merusak keteladanan Anda. Hiduplah dengan tidak bercela dan biarlah terang Yesus bercahaya cemerlang melalui Anda.

Terang Allah bercahaya ketika teladan Kristus nyata melalui hidup Anda.

Ikuti Kami