Radikal
Kalangan Sendiri

Radikal

Admin Spiritual Official Writer
      7976
Lukas 19:10
Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 88; Roma 16; Ulangan 23-24

Apabila ada satu contoh orang dalam Alkitab yang dikatakan radikal, saya akan menyebut nama Zakheus. Zakheus adalah pemungut cukai yang dibenci pada zamannya, namun demikian kisah hidupnya menjadi sebuah pelajaran bahwa Tuhan dapat bekerja dan mengubah white collar criminal secara radikal untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa pelajaran dari kehidupan Zakheus.

1. Mencari Tuhan

Zakheus berusaha untuk melihat Yesus dengan segala usaha. Ia tidak malu untuk memanjat pohon hanya untuk menjumpai pribadi yang dapat mengisi kekosongan jiwanya. Ia mengabaikan rasa malu dan hinaan orang karena sungguh-sungguh mencari kasih yang sejati. Baginya pencarian akan Tuhan lebih berharga dari kekayaan dan jabatannya.

2. Memberikan Respon

Zakheus memberikan respon positif akan undangan Yesus. Ia menerima Yesus dengan sukacita di rumahnya. Di tengah banyaknya para ahli Taurat yang menolak Yesus, Zakheus yang adalah orang berdosa dapat memberikan respon yang tepat untuk menerima Yesus.

3. Bertobat

Arti nama Zakheus adalah pure atau murni. Ketika Zakheus bertobat, pertobatannya adalah murni. Ia segera mengambil komitmen untuk memberikan setengah kekayaannya kepada orang miskin dan berkomitmen mengembalikan empat kali lipat kepada semua orang yang pernah diperasnya.

Pertobatan Zakheus yang radikal menjadi contoh bahwa Anda juga dapat melakukan hal yang sama di tempat kerja Anda. Yesus datang untuk mencari orang yang berdosa. Temukanlah Zakheus yang ada di sekeliling Anda hari ini.

Yesus mengasihi pemungut cukai, bagaimana dengan Anda?

Ikuti Kami