Bermitra Dengan Tuhan
Kalangan Sendiri

Bermitra Dengan Tuhan

Puji Astuti Official Writer
      4438

Yosua 1:10-11

Lalu Yosua memberi perintah kepada pengatur-pengatur pasukan bangsa itu, katanya: "Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk pergi menduduki negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki."

Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 23; Efesus 6; Pengkhotbah 10-12

Tuhan itu maha kuasa dan berdaulat. Tidak ada apapun yang dapat menggagalkan rencanannya. Namun pada saat yang sama, Dia memberikan kepada kita hak istimewa untuk kita mengambil bagian dalam pekerjaan-Nya di bumi ini. Dia mengijinkan kita untuk digunakan sebagai alat untuk menggenapi rencana-Nya. Tetapi kita tidak melakukannya tanpa Dia ; sebaliknya Tuhan memilih melakukannya bersama kita.

Saya senang bagaimana Jerry Bridges menjelaskan hal ini. Dia membandingkan partnership kita dengan Tuhan dengan bertani, ia berkata seperti ini, “Bertani adalah usaha patungan antara Tuhan dan petani. Si petani tidak bisa mengerjakan apa yang menjadi bagian Tuhan, dan Tuhan tidak akan mengerjakan apa yang menjadi bagian pekerjaan petani.”

Dalam ayat yang kita baca di atas, jelas bahwa Tuhan memberikan Tanah Perjanjian kepada umat Israel. Tetapi Dia memerintahkan untuk menyiapkan perbekalan. Dia memberikan waktu untuk secara fisik menyebrangi sungai Yordan. Dia akan bersama mereka memasuki tanah yang baru dan pekerjaan fisik dalam merebut kepemilikan atas tanah tersebut.

Pertanyaannya bagi kita : Apakah kita telah melakukan bagian kita dalam usaha patungan kita dengan Tuhan? Tentu saja, kita harus mengikuti petunjuk Tuhan dan bergantung pada kekuatan-Nya. Tetapi Tuhan berharap kita bangkit melangkah dan juga mempersiapkan perbekalan. Inilah waktunya untuk merebut Tanah Perjanjian, hal-hal besar yang Tuhan telah berikan kepada kita dengan melangkah menyeberangi sungai “Yordan”. Jadi, apa lagi yang kita tunggu? Bangkit dan mulailah melangkah maju!

Dalam kehidupan ini, Tuhan bermitra dengan kita untuk menggenapi rencana-Nya. Ada bagian Tuhan dan ada bagian yang harus kita lakukan.

Ikuti Kami