Apakah Tuhan Baik?
Kalangan Sendiri

Apakah Tuhan Baik?

Puji Astuti Official Writer
      4915

Mazmur 85:6

Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 6; Yohanes 16; 1 Tawarikh 25-26

Sering kali kita berkata “Tuhan baik setiap waktu”, tetapi apakah kita benar-benar yakin akan hal tersebut? Kita jangan hanya ikut-ikutan saja saat mengatakan Tuhan baik, tetapi harus memahami dan meyakini benar bahwa Tuhan baik adanya.

Dalam Alkitab versi King James ditemukan 700 referensi yang menyatakan kata “baik.” Contohnya dalam kitab Kejadian, setelah Tuhan menciptakan sesuatu Ia berkata bahwa semuanya itu baik. Apa definisi baik menurut Tuhan?

Baik adalah sesuatu atau seseorang yang sempurna. Sebelum Anda putus asa mendengar kata “Sempurna”, mari lihat maksud Alkitab dari kata ini. Sempurna menurut Allah disini bukan sesuatu yang tanpa cacat, tetapi sesuatu yang telah lengkap atau selesai dan utuh. Seperti yang Allah katakan ketika Ia selesai menciptakan manusia, “Sungguh amat baik,” maka sejak pada mulanya kita telah berada dalam keadaan sangat sempurna di dalam Allah.

Baik artinya juga berkelimpahan. Kata baik di Alkitab bisa juga diartikan sebagai “banyak” atau “sangat”. Dalam Yosua 1, Tuhan tidak meminta Yosua untuk menjadi kuat (strong), tetapi memintanya meneguhkan hati (good courage). Kata baik menerangkan tanda tidak kekurangan, tetapi berkelimpahan.

Baik artinya bermoral benar. Daud menunjuk orang-orang jahat dijamannya dengan berkata “tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak.” (Mazmur 14:3). Namun di Mazmur 25:8, Daud menyatakan bahwa Tuhan itu baik dan benar.

Jadi apakah Tuhan benar-benar baik? Jika Tuhan adalah sempurna, Tuhan itu juga sumber segala kelimpahan dan Tuhan juga sumber kebenaran dan tak bercacat, maka Tuhan adalah pribadi yang baik yang tidak dapat diragukan lagi. Jadi meskipun kepercayaan kita naik-turun, pribadi Tuhan tidak pernah berubah, Ia tetap baik. Bukan karena Ia selalu menolong kita, atau menjawab doa kita, tetapi karena Dia yang baik adanya.

Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Ikuti Kami