Penderitaan Ringan
Kalangan Sendiri

Penderitaan Ringan

Puji Astuti Official Writer
      5221

Yakobus 5:10-11

Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 92; Lukas 4; Ulangan 29-30

Penderitaan bukanlah topik favorit umat Kristen, bahkan mungkin semua manusia. Sebisa mungkin kita akan menghindari penderitaan, sekalipun pada faktanya bahwa hal tersebut tidak terelakkan. Bahkan Yesus Kristus sendiri berkata, bahwa Ia sebagai anak manusia harus menanggung penderitaan (Lukas 9:22).

Dalam kehidupan ini ada dua macam penderitaan. Yang pertama, penderitaan karena menanggung akibat dari kesalahan kita sendiri; Dan kedua, adalah penderitaan yang Tuhan ijinkan untuk membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik. Tentunya kedua penderitaan ini pernah kita alami, namun yang harus kita hindari adalah penderitaan yang pertama, menderita karena kesalahan kita sendiri.

Namun jika Tuhan membawa kita ke dalam jalan penderitaan yang telah ia tetapkan untuk membentuk kita, mari kita ingat kebenaran ini: “Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.” (2 Korintus 4:17).

Seperti yang dikatakan Paulus, dalam mengikut Kristus ada “penderitaan ringan” yang akan mengerjakan kemuliaan kekal bagi kita. Apapun penderitaan yang harus kita tanggung hari ini, mungkin itu sakit penyakit, tekanan emosional atau banyak hal lainnya, milikilah pandangan yang benar dan juga teguhkanlah iman kita kepada Tuhan. Jangan biarkan penderitaan itu menggoyahkan kepercayaan kita kepada Tuhan. Bersyukurlah, dan percayalah bahwa penghiburan yang dari Tuhan sendiri akan menguatkan kita untuk menjalaninya sehingga kita akan keluar sebagai seorang pemenang, bahkan lebih dari pemenang!

Sebab penderitaan yang kita tanggung di dalam Kristus, mengerjakan kemuliaan yang kekal dan sukacita abadi.  

Ikuti Kami