Meski Tak Terlihat
Kalangan Sendiri

Meski Tak Terlihat

Lestari99 Official Writer
      4852
Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 143; Yohanes 3; 2 Samuel 13-14

Kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 membuat setiap kita menyadari bahwa hidup manusia itu sangat singkat dan tak seorangpun tahu kapan waktunya ketika kematian datang menjemput. Kehilangan seseorang yang kita kasihi bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi. Kekosongan besar yang kita rasakan seringkali membuat kita bingung apa yang harus kita lakukan selanjutnya tanpa hadirnya mereka yang kita kasihi di sisi. Menghabiskan waktu sekian lama dalam kebersamaan membuat kita menyadari betapa waktu tak dapat diputar kembali. Karena waktu kebersamaan itu takkan bisa terulang kembali.

Tuhan tahu apa yang Anda butuhkan bahkan sebelum semua itu terucap di bibir Anda. Seringkali kita memohon untuk diberikan kesempatan terakhir agar momen kebersamaan itu dapat terulang, namun hal itu memang tidak akan pernah terjadi. Sudah waktunya bagi kita untuk merelakan kepergian orang yang kita kasihi dengan damai, meskipun kita tidak menginginkannya!

Di saat-saat seperti itu, ketika Anda kehilangan petunjuk akan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya, percayalah Tuhan tahu kemana Anda harus melangkah saat ini. Tuhan tahu seberapa dalam Anda terluka akibat perpisahan ini. Tuhan juga tahu bahwa rencana-Nya jauh lebih indah dari yang dapat Anda bayangkan. Bagaimanapun juga mereka yang Anda kasihi telah berisitirahat dengan tenang di sisi Tuhan.

Tenggelam dalam kesedihan membuat Anda merasa kehilangan pijakan hidup dan tak sanggup bermimpi maupun meraih impian. Dalam kesedihan yang mendalam, ingatkan diri Anda bahwa bersedih itu hal yang wajar untuk dilakukan, namun Anda harus tetap melanjutkan hidup tanpa kehilangan pengharapan. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam kesedihan karena orang yang Anda kasihi telah menjalani kehidupan yang jauh lebih baik, dan Anda pun haruslah demikian dalam menjalani sisa hidup Anda di atas muka bumi ini.

Tanggalkan perasaan 'Ayub' yang membuat Anda mengasihani diri sendiri. Masih ada kehidupan di depan Anda yang harus dijalani. Pintu masa depan telah terbuka dan Anda harus melaluinya. Anda tidak akan pernah tahu apa rencana Tuhan atas hidup Anda. Anda tidak akan pernah tahu jalan-jalan seperti apa yang akan Anda lalui saat berjalan bersama-Nya. Dalam masa-masa sukar, banyak hal yang dapat Anda pelajari. Anda akan diajar untuk lebih sabar dan lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Masa-masa sukar akan membawa Anda untuk merefleksikan hidup dengan lebih baik.

Allah tahu Anda membutuhkan masa-masa sukar itu untuk membuat Anda menjadi pribadi yang kuat dan tangguh dalam menjalani kehidupan dengan terus bergantung sepenuhnya kepada-Nya. Hidup Anda akan diperkaya melalui masa-masa suram itu. Suatu hal yang perlu Anda syukuri meskipun Anda belum dapat melihat hal itu hari ini.

Masa suram hanyalah sebuah gunung yang perlu Anda daki. Karena di balik gunung masalah, ada kemenangan besar yang tersedia bagi mereka yang sepenuhnya bersandar pada rencana Tuhan.

Ikuti Kami