Penyesalan
Kalangan Sendiri

Penyesalan

Lestari99 Official Writer
      4310
Amsal 3:21
Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 119:89-176; 1 Korintus 8; 1 Samuel 3-4

Di Belgia pernah dilakukan survei terhadap warga yang berusia 60 tahun. Survei tentang penyesalan terbesar dalam hidup mereka. Hasilnya: 72% menyesal karena mengabaikan waktu untuk bekerja dengan baik di masa mudanya; 67% menyesal karena salah memilih profesi; 63% menyesal karena kurang waktu dalam mendidik anak atau karena menggunakan pola asuh yang salah; 58% menyesal karena kurang berolahraga dan menjaga kesehatan; 11% menyesal karena tidak punya cukup uang. Jika survei ini diajukan pada Anda, apa yang akan menjadi penyesalan terbesar dalam hidup Anda?

Ada pepatah mengatakan bahwa penyesalan selalu datang terlambat. Itu tidak salah. Kita selalu menyesali segala tindakan atau perbuatan yang salah di masa lalu. Kita menyesali keputusan yang keliru di masa lalu. Kita menyesali setiap perkataan buruk yang pernah terlontar dari mulut kita yang ternyata berdampak begitu kuat terhadap diri seseorang. Namun penyesalan tinggallah penyesalan. Masa lalu tidak bisa diulang. Baik atau buruk, apa yang terjadi akan tetap menjadi 'jejak' kehidupan kita.

Oleh karena itu, dalam setiap tindakan dan perkataan kita, 'pertimbangan dan kebijaksanaan' adalah suatu hal yang sangat penting untuk kita miliki. Jangan bersikap tergesa-gesa. Jangan asal mengambil keputusan. Jangan berpikir "bagaimana nanti" tetapi berpikirlah "nanti bagaimana". Artinya, pertimbangkan segala sesuatu secara matang. Betul, kita memang tidak mungkin terhindar sama sekali dari yang namanya penyesalan karena sebagai manusia kita tidak luput dari kesalahan. Namun dengan 'pertimbangan dan kebijaksanaan', paling tidak kita bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya penyesalan; menjaga langkah kita untuk tetap berjalan di jalan yang lebih 'aman'.

Berpikir dan bertindaklah secara bijak hari ini karena menyesal kemudian tidak mendatangkan kegunaan.

Ikuti Kami