Pengharapan Besar Dalam Penantian

Pengharapan Besar Dalam Penantian

Lestari99 Official Writer
      3957
Yesaya 64:3-4
Karena Engkau melakukan kedahsyatan yang tidak kami harapkan, seperti tidak pernah didengar orang sejak dahulu kala! Tidak ada telinga yang mendengar, dan tidak ada mata yang melihat seorang allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan dia; hanya Engkau yang berbuat demikian.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 106; Lukas 18; Yosua 23-24

Saat suatu peristiwa terjadi di dalam kehidupan, kita tidak selalu siap menghadapi kejadian itu. Ditambah lagi satu-satunya janji yang kita miliki dalam perubahan hidup ini adalah “mengharapkan yang tidak diharapkan”. Dan tidak semua orang senang dengan hal-hal yang tidak dapat diduga seperti itu.

Saat menghadapi kehamilan anak pertama, meskipun telah mendengar berbagai informasi baik dari yang sudah berpengalaman maupun dari berbagai bacaan, tetap saja proses persalinan yang sesungguhnya itu tak pernah dapat dibayangkan. Sampai akhirnya saya harus melalui proses itu. Dan banyak hal yang terjadi sama sekali belum pernah saya dengar dari sumber manapun juga.

Dalam banyak hal, bukankah kehidupan itu bagaikan sebuah proses kehamilan? Kita menapaki perjalanan kehidupan tanpa benar-benar tahu apa yang akan terjadi di depan. Bahkan jika kita berpikir kita mengetahui apa yang akan menghadang di depan, pikiran itupun hanya berisi gambaran kosong. Kita benar-benar tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk melewatinya. Kita tidak tahu apa yang kita tunggu, tapi kita sedang menantikan sesuatu yang kita tahu belum datang.

Penantian dalam ketidaktahuan ini terkadang bisa membuat kita frustrasi. Saat kita bingung menghadapi keadaan yang terjadi di sekitar kita, kita hanya dapat berharap bahwa Tuhan tidak bingung sama seperti kita. Apapun yang menjadi kebutuhan kita, Tuhan dapat memenuhinya. Sesungguhnya kita tidak perlu kuatir.

Tak ada satupun detail kehidupan kita yang dapat luput dari rencana-Nya. Tuhan akan menyediakan batu yang tak tergoyahkan sebagai tempat kaki kita berpijak. Dan ketika kita belajar mengenai kasih Allah yang besar dan sederhana ini, kita pun akan mengizinkan Tuhan bekerja melampaui apa yang kita pikirkan dan harapkan. Saat itulah kita akan mengalami anugerah-Nya yang luar biasa dimana Tuhan memberikan kehendak bebas bagi kita untuk mempercayakan dunia kita yang tergoncang dengan cara-cara penyelamatan yang tak pernah terbayangkan oleh kita.

Bila Anda menghadapi kebingungan dalam proses penantian yang tak berujung, nyamankanlah diri Anda dengan memiliki pengharapan yang besar. Jika Anda menantikan Tuhan, apapun yang menjadi penantian Anda sesungguhnya adalah jawaban dari semua yang Anda butuhkan yang telah disediakan oleh Tuhan bagi kehidupan Anda.

Bebaskan diri Anda dari kekuatiran dan lihatlah bagaimana pertolongan itu datang dengan cara yang tak pernah dapat Anda bayangkan.

Ikuti Kami