Natal, Lahirnya Imanuel
Kalangan Sendiri

Natal, Lahirnya Imanuel

Budhi Marpaung Official Writer
      5563
Yesaya 7:14
"Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 27; Lukas 3; Ayub 34-35

Sewaktu saya masih remaja, kakak rohani saya pernah bertanya bertanya saya seperti ini, "Apa arti natal bagi kamu?" - Sebagai seorang yang masih sangat muda ketika itu saya menjawab, "Hari kelahiran Yesus Kristus ke dalam dunia,". Mendengar jawaban dari saya, kakak rohani saya ini hanya mengangguk-angguk kepalanya saja. Melihat reaksi dari kakak rohani saya tersebut, saya pun langsung bertanya apakah yang saya katakan benar atau salah. Kakak rohani saya ini pun menjawab, "Jawaban kamu tidak salah, hanya saja kurang lengkap. Natal seharusnya bukan sekedar perayaan kelahiran Yesus Kristus, tetapi hari kelahiran Imanuel, yang artinya Allah beserta dengan kita."

Natal bukanlah sebuah seremonial biasa karena di hari ini seorang yang dijanjikan oleh Allah telah hadir ke dalam dunia. Yesus tidak hanya simbol penebusan dosa manusia, tetapi juga lambang bahwa Allah tetap menyertai umat-Nya sampai hari ini. Hal ini sesuai dengan apa yang dituliskan oleh Nabi Yesaya ribuan tahun sebelum Putera Allah dilahirkan, "seorang muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel,".

Apa yang ada dalam pikiran dan hati Anda ketika natal di hari ini Anda rayakan? Apakah Anda melihat Yesus tetap sebagai seorang bayi kecil mungil di dalam palungan atau Allah yang menyertai kehidupan orang-orang percaya sampai kepada kesudahan zaman? Biarlah janji natal yang sesungguhnya yakni bahwa "Allah beserta dengan kita", itulah yang kita rayakan hari ini dan di tahun-tahun selanjutnya. Selamat hari natal, Tuhan Yesus memberkati.

Kelahiran Yesus Kristus memberikan pengharapan bagi setiap manusia untuk hidup dalam kekekalan.

Ikuti Kami