Tidak Tepat Jadi Teman
Kalangan Sendiri

Tidak Tepat Jadi Teman

Budhi Marpaung Official Writer
      5238
Show English Version

Amsal 22:24

Janganlah bergaul dengan orang yang suka marah dan cepat naik darah. (BIS)

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu138[/kitab]; [kitab]iikor10[/kitab]; [kitab]iisam1-2[/kitab]

Pada umumnya, orang-orang tidak suka dinasihati. Banyak alasan mengapa hal itu terjadi. Namun kalau mau diserap dan direnungkan lagi, sebuah petuah pasti membawa kebaikan bagi kehidupan orang yang menerimanya.

Itulah yang dilakukan penulis kitab Amsal yang ayatnya menjadi nats renungan kita hari ini. Pada Amsal 22:24, kita – orang-orang percaya  - dinasehati agar jangan bergaul dengan orang yang suka marah dan cepat naik darah (versi BIS). Mengapa? Karena agar kita tidak meniru orang tersebut dan memiliki kebiasaan seperti dia (Amsal 22:25 versi BIS).

Beberapa dari Anda mungkin tertawa dan mengganggap ini sebuah hal bodoh. Tetapi, itulah fakta kekuatan dari sebuah pergaulan. Rasul Paulus bahkan sampai harus mengungkapkan nasihat mengenai ini kepada Jemaat di Korintus. Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, ia berkata agar mereka hati-hati dalam bergaul karena pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik ([kitab]ikori15:33[/kitab]).

Kita memang tidak boleh membeda-bedakan orang ketika bersosialisasi. Namun, kita juga perlu bijaksana saat mau memutuskan menjalin pertemanan atau persahabatan dengan orang lain. Salah memilih, hidup kita bisa hancur dan menjauh dari Tuhan.

Orang yang mudah marah bukanlah orang yang tepat untuk Anda jadikan sebagai teman apalagi sahabat.

Ikuti Kami