Mengumpulkan Manna
Kalangan Sendiri

Mengumpulkan Manna

Puji Astuti Official Writer
      5131

Keluaran 16: 15-16

Ketika orang Israel melihatnya, berkatalah mereka seorang kepada yang lain: "Apakah ini?" Sebab mereka tidak tahu apa itu. Tetapi Musa berkata kepada mereka: "Inilah roti yang diberikan TUHAN kepadamu menjadi makananmu. Beginilah perintah TUHAN: Pungutlah itu, tiap-tiap orang menurut keperluannya; masing-masing kamu boleh mengambil untuk seisi kemahnya, segomer seorang, menurut jumlah jiwa."

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 84; Roma 12; Ulangan 15-16

Sebagai manusia kita butuh makanan untuk tetap bertahan hidup, dan Tuhan tahu itu. Untuk itu, pada masa bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian, Tuhan memelihara mereka dengan memberikan manna setiap hari. Anda harus memperhatikan ayat di atas baik-baik, bagaimana Musa menyampaikan perintah Tuhan.

“Pungutlah itu, tiap-tiap orang menurut keperluannya; masing-masing kamu boleh mengambil untuk seisi kemahnya, segomer seorang, menurut jumlah jiwanya.”

Tuhan meminta setiap orang mengambil menurut kebutuhan mereka. Tidak satu orang mengambil untuk satu sukunya, tapi tiap-tiap orang. Paling banyak, mereka ambil untuk satu keluarganya.

Saya berbicara tentang manna disini, karena ini adalah roti dari sorga, yang berasal dari Tuhan sendiri. Hari ini mungkin kita tidak menemukannya lagi secara fisik, namun sebagai manusia, kita bukan hanya manusia jasmani saja, kita juga manusia rohani. Manna rohani ini masih Tuhan berikan hingga hari ini, melimpah dalam hidup kita. Tuhan meminta tiap-tiap hari, masing-masing dari kita mengambil manna itu dan mengkonsumsinya. Caranya? Renungkanlah firman Tuhan dan lakukanlah. Sama seperti Anda mengambil roti dan memakannya.

Jika Anda berkata saya cukup mendengar kotbah seminggu sekali, maka pertanyaan saya apakah Anda cukup makan seminggu satu kali saja? Atau mungkin Anda baca satu kitab selama satu hari, lalu seminggu kemudian baru membacanya kembali? Jika itu yang Anda lakukan, saya akan bertanya bisakah kita makan satu bakul nasi lalu tidak makan selama satu minggu? Anda butuh makan tiap-tiap hari, makanan yang baru, yang fresh dari Tuhan. Hal itulah yang akan membuat kita sehat baik rohani maupun jasmani.(Puji Astuti)

Sama seperti tubuh jasmani butuh makanan yang fresh dan sehat, manusia rohani Anda butuh manna rohani yang fresh setiap hari. Jangan makan makanan basi.

Ikuti Kami