Sikap yang Diubah
Kalangan Sendiri

Sikap yang Diubah

Budhi Marpaung Official Writer
      6079
Show English Version

Yoel 2:13

Berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab ia pengasih dan penyayang

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu131[/kitab]; [kitab]iikor4[/kitab]; [kitab]isamu28-29[/kitab]

Apa yang membuat orang percaya seringkali jatuh kepada dosa atau pelanggaran yang sama berulang dan berulang? Tokoh Kristen besar dunia, Billy Graham, mengatakan bahwa dalam pengalaman melayani Tuhan, ia melihat yang menyebabkan seseorang sepertinya tidak dapat keluar dari dosa atau pelanggarannya adalah karena pada saat memutuskan untuk berhenti berbuat dosa, ia hanya mengasihani diri dan bukannya bertobat.

Pertobatan sejati, kata Billy Graham, adalah berbalik dari dosa. Ini merupakan sebuah keputusan yang diambil secara sadar dan sungguh-sungguh untuk meninggalkan dosa, serta berbalik kepada Allah, berkomitmen untuk mengikuti kehendaknya.

Pertobatan hanyalah salah satu respon kita terhadap Kristus. Tetapi, itu adalah bagian yang penting karena tanpa pertobatan kita tidak dapat menyatakan Kristus sebagai Tuhan kita. Alkitab berkata, “Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan” ([kitab]iikor7:10[/kitab]).

Mari saat ini, setiap kita mengecek diri, apakah tindakan yang kita lakukan setelah melakukan dosa adalah mengasihani diri atau bertobat. Jika Anda menyadari bahwa yang Anda selalu lakukan ternyata adalah mengasihani diri, ambil respon yang benar sekarang yakni putuskan untuk bertobat.

Tidak mudah memang hidup di dalam Kristus, tetapi selama Anda menyertakan Roh Kudus di hari-hari Anda, Anda pasti mampu menolak bujukan iblis dan keinginan daging yang meminta Anda untuk melakukan perbuatan dosa kepada Allah.

Jika tidak mau terus menerus jatuh ke dalam dosa, maka yang perlu kita lakukan bukanlah mengasihani diri sendiri, tetapi bertobat. 

Ikuti Kami