Respon Paling Benar
Kalangan Sendiri

Respon Paling Benar

Budhi Marpaung Official Writer
      7111
Show English Version

Mazmur 119:56

Aku mendapatkan kebahagiaan dalam mentaati perintah-perintah-Mu. (BIS)

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu128[/kitab]; [kitab]iikor1[/kitab]; [kitab]isamu22-23[/kitab]

Ketika diperhadapkan pada satu keadaan yang tidak mengenakkan, seringkali respon yang kita tunjukkan adalah respon alamiah kita sebagai manusia – marah, benci, atau bahkan sedih berkepanjangan. Dari pengalaman saya pribadi, saya bahkan pernah menyalahkan dan mendikte Tuhan – “Mengapa ini terjadi pada saya/keluarga saya?”, “Mengapa kejadian ini tidak Kau timpakan saja kepada orang yang jelas-jelas berbuat jahat?” dan lain sebagainya.

Namun, jika mau jujur, harus diakui respon alamiah kita justru kerap membuat diri kita semakin terpuruk dan sulit menjalani hari-hari ke depan dengan baik.

Penulis kitab Mazmur 119 menyatakan bahwa dalam ketaatan mengikuti perintah-perintah Allah, ia mendapatkan kebahagiaan. Dengan kata lain saat seseorang menaati apa yang dikatakan oleh Allah maka ia pasti merasakan kebahagiaan.

Kebahagiaan disini bukan berarti bahwa ia selalu menerima hal-hal baik di dalam kehidupan atau tanpa persoalan, masalah, kesedihan. Akan tetapi, di saat kondisi yang menyakitkan, menyedihkan pun, ketika ia tetap mengarahkan hati dan dengar-dengaran pada firman-Nya, maka ujung dari situasi yang sedang ia alami adalah berkat.

Apa yang sedang Anda atau bahkan keluarga Anda hadapi hari ini? Perlakuan tidak adil kah atau ada anggota keluarga yang mengalami musibah dan memerlukan biaya besar kah? Apapun itu, bila Anda mau meresponi keadaan sesuai perkataan Allah maka akhirnya adalah Anda memperoleh kebahagiaan.

Respon paling benar dalam menyikapi segala sesuatu yang terjadi di kehidupan ini adalah bersikap dan bertindak sesuai firman Allah.

 

Ikuti Kami