Melakukan Hal Penting Untuk Orang Penting
Kalangan Sendiri

Melakukan Hal Penting Untuk Orang Penting

Lois Official Writer
      6596
Show English Version

Yosua 2 : 12

 “Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi Tuhan, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya.”

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu128[/kitab]; [kitab]2Kori1[/kitab]; [kitab]Samue22-23[/kitab]

 

Banyak pengkhotbah yang menceritakan jasa Rahab, seorang perempuan sundal yang menyelamatkan dua orang Israel saat mengintai daerah musuh untuk direbut, Yerikho. Namun, ada satu lagi jasa Rahab, yaitu kepada sanak saudaranya. Demi merekalah, dia mau mengambil resiko yang sangat besar untuk menyelamatkan dua pengintai tersebut.

Perempuan sundal bernama Rahab ini, yang menurut banyak orang hatinya sudah kebal dosa, masih memikirkan keluarga. Seringkali kita hanya melihat penampilan luar seseorang. “Dia perlente banget, pasti kaya.”, “Ih rambutnya itu lho, kayak ga dicuci 5 hari, pasti orangnya jorok”, dan lain sebagainya.

Setiap orang pasti punya sisi jelek dan sisi bagus. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam hati ataupun pikiran seseorang sampai dia mengatakan atau melakukan sesuatu. Namun ada saatnya, orang yang terburuk sekalipun, mampu memikirkan sesuatu untuk orang yang dikasihinya.

Jika kita adalah Rahab, jangan pernah berhenti memikirkan kesejahteraan dan kebahagiaan orang yang kita kasihi. Berubahlah demi mereka dan jadilah berkat bagi mereka. Jika kita adalah orang yang melihat Rahab, jangan pernah menghakimi seseorang. Mari kita kembalikan semuanya kepada Tuhan. Biarlah Dia yang bertindak, karena Dialah Hakim yang paling adil.

Rahab sekalipun dapat mengingat Tuhan dalam perkataannya. Dia berjuang untuk menyelamatkan dua pengintai itu dan meminta tanda dari mereka agar keluarganya selamat. Jadi berilah yang terbaik bagi orang-orang yang kita kasihi, mulai dari hal yang kecil.

 

Jadilah seperti Rahab, ketika mendengar tentang orang Israel, dia mengambil resiko yang sangat tinggi demi keluarganya bisa selamat. Jangan jadi orang yang hanya melihat Rahab dan menghakiminya sebagai perempuan sundal yang tidak pantas. Lihatlah, bukankah pada akhirnya hanya Rahab dan keluarganya yang selamat?

Ikuti Kami