Satu Ikatan Keluarga
Kalangan Sendiri

Satu Ikatan Keluarga

daniel.tanamal Official Writer
      8029
Show English Version

Efesus 4:3-4

"Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,"

 

Bacaan Alkitab Setahun :Mazmur 25; Matius 25; 2 Tawarikh 27-28

Dewasa ini faktor perbedaan didalam hal apapun kerap kali memicu konflik dan perseteruan yang panjang penyelesaiannya. Padahal jika ingin melihat kedalam mengenai dimana kita bersekutu, berjemaat dan bergereja, terdapat banyak perbedaan dari latar belakang dan berbagai faktor lainnya.

Namun kita bisa berkumpul dan dipersatukan dalam satu ikatan keluarga Kerajaan Allah. Ternyata oleh karena darah Kristus dan Injil kita menjadi satu kesatuan: satu tubuh, satu Roh, satu pengharapan, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, dan satu Allah dan Bapa (ayat 4-6), sehingga kita "...bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah," (Efesus 2:19).

Kini tugas kita adalah mempertahankan persatuan dan kesatuan di antara jemaat agar gereja tetap menjadi tempat yang hangat. Hal intu akan terwujud apabila tiap jemaat memiliki kesadaran akan dirinya. Tidak perlu ada bujukan dan paksaan karena semua orang akan senang dan bersedia memainkan peranan aktif dalam kehidupan bergeraja.

Ketika jemaat menyadari bahwa mereka bukanlah tamu atau orang asing, melainkan kawan sewarga dalam keluarga Allah, tidak perlu adanya rayuan untuk mengajak terlibat dan aktivitas gereja. Ini merupakan 'bahan baku' terbentuknya gereja yang hangat. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kasih tanpa pandang bulu bukan dalam ucapan saja, tetapi dalam perbuatan nyata.

Ikuti Kami