Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Tuhan Adalah Penolongku, Kepada Siapa Aku Harus Takut? Sumber :

4 August 2019

 851
[Daily Devotional]

Tuhan Adalah Penolongku, Kepada Siapa Aku Harus Takut?

Ibrani 13:6

Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 35; 2 Tesalonika 2; Yesaya 23-24

Ada banyak tokoh pahlawan super yang kita kenal baik yang kita tahu dari komik, acara televisi, film, novel dan bahkan Alkitab yang memiliki seorang sahabat karib. Beberapa yang bisa kita sebut adalah: Sherlock Holmes dan Dr. Watson, Batman dan Robin, The Lone Ranger dan Tonto, Han Solo dan Chewbacca, Don Quixote dan Sancho Panza, Andy Griffith dan Barney Fife, Kapten Kirk dan Spock, Robinson Crusoe dan Friday, Robin Hood dan Little John, Shrek dan Donkey, Musa dan Harun, Paulus dan Silas.

Tampaknya hampir setiap pahlawan memiliki sahabat karib yang memberikan kelucuan, tetapi juga menawarkan persahabatan dan bantuan yang serius di sepanjang cerita. Ini adalah teknik klasik dalam sastra dan drama, di mana para tokoh pendukung memainkan peran penting. Mereka membantu karakter utama mencapai tujuannya dan menyelesaikan misinya. Mereka menawarkan persahabatan dan memberikan wawasan.

Biasanya, mereka mengerjakan tugas yang berada di bawah martabat seorang pahlawan. Terkadang mereka melayani sebagai sosok pribadi yang kontras. Tokoh pendukung mungkin orang biasa atau orang yang canggung, memungkinkan audiens kepada sosok yang mereka kenal. Biasanya, sahabat karib itu tidak cerdas, tetapi membantu sang bintang menghasilkan ide-ide cemerlang. Selalu, tokoh pendukung itu kurang penting.

Banyak orang menganggap seorang penolong sebagai seseorang yang kurang penting, kurang terampil, atau kurang mampu daripada orang yang benar-benar penting. Dalam budaya kita, penolong dianggap berstatus rendah, buruh atau bawahan. Kita menyebut mereka sebagai penghubung.

Baca juga :

Saat Ketakutan Mengetuk Pintumu, Berlindunglah Kepada Yesus
Memerangi Kekhawatiran dan Ketakutan Lewat 3 Senjata Alkitabiah Yang Powerful!

Kita bahkan berbicara tentang pekerja yang disewa - orang-orang yang melakukan tugas-tugas yang orang-orang penting tidak ingin lakukan atau tidak punya waktu untuk melakukannya. Kata-kata seperti asisten, pegawai tambahan, anak magang, perwakilan, dan tokoh pendukung akan muncul di pikiran kita.

Namun, itu bukan konsep seorang penolong yang alkitabiah. Kata Ibrani untuk penolong dalam Perjanjian Lama adalah ezer, dan berasal dari kata kerja yang berarti menyelamatkan, membebaskan, atau membantu. Setiap kali digunakan untuk manusia, ia berbicara tentang seseorang yang lebih besar, lebih kuat, lebih kuat, lebih pintar, atau lebih kaya yang menjangkau orang yang lemah atau membutuhkan.

Paling sering, kata itu merujuk pada Tuhan sendiri. Pemazmur menulis,

"Sesungguhnya, Allah adalah penolongku; Tuhanlah yang menopang aku." (Mazmur 54: 6), dan

"Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti." (Mazmur 46: 2).

Jadi kesimpulannnya adalah membantu orang adalah pekerjaan Tuhan. Dia selalu siap, mau, dan dapat membantu kita di saat kita membutuhkan. Tidak heran Ibrani 4:16 mendorong kita untuk melakukan hal ini:

"Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Apakah kamu saat ini sedang memerlukan bantuan? Apakah kamu sedang dalam pergumulan hidup saat ini? Pernahkah kamu merasa ingin berhenti atau menyerah? Biarkan saya memberkan dorongan semangat untukmu, hendaknya kamu datang kembali kepada Tuhan dan masuk ke hadirat-Nya dengan percaya diri. Disana kamu akan menemukan bantuan yang kamu butuhkan itu. Sebab itulah yang Tuhan lakukan. Itulah hakekat dirinya, seorang penolong.

Hak Cipta © 2019 Paul Linzey, digunakan dengan izin.

Baca juga : 

Ternyata 5 Alasan Yang Bikin Anak Muda Takut Berinvestasi, Nomor 2 Paling Sering Terjadi!

Tolong....Saya Takut Menikah!

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Februari 2020 (2)