Share this article :

Disebutkan di Alkitab, Ini yang Harus Kita Tahu Soal Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan

 Tue June 20th, 2017
 749

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Disebutkan di Alkitab, Ini yang Harus Kita Tahu Soal Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan Sumber : Valerie Latona

Tahukah kamu kenapa biji-bijian itu menyehatkan? Well, kita mungkin lupa kalau Tuhan sendiri bahkan memerintahkan kita untuk memakan biji-bijian yang tersedia di muka bumi ini. Yuk sebentar kita baca dari Kejadian 1: 29 bunyinya, “Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” Jelas bukan? Sesungguhnya Tuhan menyediakan tumbuh-tumbuhan dan pohon berbiji sebagai makanan kita. Jadi, ya tentu saja segala makanan berbiji pasti berkhasiat bagi kesehatan kita.

Biji-bijian pada dasarnya kaya akan vitamin, mineral, protein dan sejumlah enzim. Bahkan saat mengkonsumsinya dalam bentuk mentah saja sudah mengandung banyak nutrisi loh.  Nah, supaya kita lebih paham soal biji-bijian apa aja yang bisa kita makan, beberapa diantaranya sakan dijelaskan di sini.

1. Biji Delima

Biji Delima adalah salah satu sumber makanan sehat bagi kita. Karena biji ini mengandung antioksidan dan vitamin C, polifel, kalsium serta sangat rendah kalori. Karena itu biji yang satu ini sangat baik membantumu untuk menjaga tubuh tetap ideal. Selain itu buah delima yang dikonsumsi dengan cara di jus bisa sangat bermangaat untuk mencegah pembekuan darah dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

2. Biji Labu

Tubuh kita memang memerlukan banyak zat besi. Salah satu sumber makanan yang kaya dengan nutrisi ini adalah biji labu. Zat besi yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk membantu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Bagi penderita kekurangan vitamin B dan tengah mengalami depresi, biji labu juga bisa menjadi obatnya karena kandungan niasin, riboflavin, folat dan thiamin di dalamnya.

3. Biji Rami

Dalam bahasa Inggris, biji rami disebut Hemp atau Flax Seeds. Kedua-duanya tidak jauh berbeda. Biji Rami kaya dengan omega 3, protein dan asam amino esensial dan fitonutriennya. Karena itulah biji ini benar-benar makanan ajaib yang membantu menyembuhkan peradangan, meningkatkan kesehatan tulang, melindungi tubuh dari penyakit kanker serta mempertahankan tekanan darah serta mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Biji Chia

Jika kamu memang pengen supaya tulang kamu lebih kuat dan sehat, konsumsilah biji Chia. Kandungan kalsium, protein, zat besi, antioksidan, vitamin C dan omega 3 nya jauh lebih baik dibanding dengan yang ada dalam kacang merah, sayur hijau, susu, jeruk dan ikan.

Untuk mengkonsumsinya, kamu hanya perlu mengolah biji Chia menjadi makanan olahan bersama bahan lainnya seperti strawberry atau buah lainnya. Karena sifatnya yang mudah menyerap air, biji Chia bisa mengembang hingga 27 kali dibanding berat awalnya. Karena itulah seseorang bisa merasa lebih kenyang setelah makan biji Chia.

5. Biji Jintan

Biji Jintan mengandung antiseptic dan zat besi. Biji yang satu ini dipercaya sangat baik bagi pencernaan dan fungsi hati. Selain itu, juga bisa mengobati flu dan batuk, sakit ginjal dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Biji Wijen

Biji yang satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan asam lemak omega 6 (asalm linoleate) yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, biji ini juga kaya akan serat, zat besi, vitamin B1, fostor, magnesium dan kalsium.

7. Biji Gandum

Banyak orang tahu kalau gandum mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Kita juga sering menjumpai kalau gandum bisa diolah sebagai tepung terigu, pakan ternak dan juga fermentasi untuk pembuatan alkohol. Gandum punya biji yang berbentu oval dengan ukuran panjang kurang lebih 6-8 mm dan berdiameter 2-3 mm.

Dari sekian banyak manfaat yang diberikannya, biji gandum ini sangat baik untuk memperlancar pencernaan, bisa juga sebagai makanan pilihan untuk diet serta menjaga kadar kolesterol seseorang.

8. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau sering disebut biji kuaci adalah salah satu camilan yang menyehatkan loh. Biji yang satu ini kaya akan vitamin E, antioksidan, dan magnesium. Karena itulah biji bunga matahari ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, menurunkan kolesterol, menenangkan sel saraf, mencegah penyakit kanker serta serangan jantung.

Tentu saja masih banyak lagi jenis biji-bijian sehat yang bisa kita konsumsi, diantaranya kacang, kedelai, kacang polong dan sebagainya. Untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal, kita hanya perlu kreativitas untuk mengolahnya. 

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Cindy 15 June 2017 - 18:47:03
Salam sejahtera, sy Cindy, menikah dgn pria kebang... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Kapan biasanya Anda mengucapkan kata ‘terima kasih’? Umumnya, kata ini akan muncul ketika Anda m...