Hindari Perut Buncit Kebanyakan Gas dengan 3 Tips Jitu Ini
Sumber: Canva.com

Health / 26 April 2024

Kalangan Sendiri

Hindari Perut Buncit Kebanyakan Gas dengan 3 Tips Jitu Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
1406

Perut buncit dan kembung memang terasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat kamu merasa begah, sesak napas, dan mudah lelah.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah perut buncit dan banyak gas, sehingga Anda bisa kembali merasa nyaman dan percaya diri. Berikut beberapa tips jitu untuk Anda:

1. Perhatikan Pola Makan

  • Hindari makanan pemicu gas

Kurangi konsumsi makanan yang tinggi FODMAP seperti kubis, brokoli, bawang bombay, kacang-kacangan, dan produk susu. Batasi juga konsumsi makanan berlemak, gorengan, dan makanan olahan.

  • Perbanyak serat

Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, yang bisa menjadi penyebab perut buncit dan kembung.

  • Makan dengan porsi kecil

Makan dengan porsi kecil tapi lebih sering membantu pencernaan bekerja lebih optimal dan mencegah perut kekenyangan, yang bisa menyebabkan kembung.

  • Kunyah makanan dengan baik

Mengunyah makanan dengan baik membantu memecah makanan menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi produksi gas.

  • Hindari minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi mengandung banyak gas yang dapat menyebabkan perut kembung. Ganti dengan air putih, teh herbal, atau jus buah tanpa gula.

 

2. Gaya Hidup Sehat

  • Olahraga teratur

Olahraga membantu melancarkan pencernaan dan membakar kalori, sehingga membantu mengurangi perut buncit. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda.

  • Kelola stres

Stres dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan perut kembung. Lakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik untuk membantu mengelola stres.

  • Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme, sehingga berisiko menyebabkan perut buncit. Pastikan tidur 7-8 jam setiap malam.

  • Berhenti merokok

Merokok dapat mengiritasi pencernaan dan memperlambat proses pencernaan, sehingga menyebabkan perut buncit dan kembung.

 

3. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen atau makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, dan tempe.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami