Murid Kristus

Murid Kristus

Budhi Marpaung Official Writer
      6106
Show English Version

Lukas 14:27

Siapa saja yang tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu115[/kitab]; [kitab]ikori3[/kitab]; [kitab]hakim18-19[/kitab]

Dalam Perjanjian Baru yang diterbitkan oleh LAI, kata “Kristen” hanya disebutkan enam kali. Namun, kata “murid” muncul 319 kali. Pasti ada makna yang spesifik ketika orang kristiani zaman itu kerap disebut sebagai “murid” Yesus.

Seperti diketahui, tugas seorang murid adalah belajar. Yesus sebagai Sang Guru dan Alkitab adalah buku paket-nya. Sebagai murid Yesus, kita mesti tekun mempelajari Alkitab setiap hari. Orang-orang di Berea menjadi teladan kita saat “mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian” ([kitab]kisah17:11[/kitab]).

Selanjutnya, kata “murid” terkait erat dengan “disiplin”. Di dalam bahasa Inggris, digunakan kata disciple untuk “murid”. Ya, sebagai murid Kristus kita sangat perlu berdisiplin. Tanpa disiplin, kita tidak mungkin melakukan waktu teduh dengan teratur, apalagi membangun mezbah keluarga. Tanpa disiplin, kita juga diragukan bisa menerapkan firman Tuhan yang kita terima.

Lebih jauh, inilah uraian sikap murid sejati menurut bacaan kita, yakni taat dan setia menurut Sang Guru. Murid mengutamakan dan mendahulukan Tuhan di atas semuanya ([kitab]lukas14:26[/kitab]); murid siap menderita demi Kristus ([kitab]lukas14:27[/kitab]); murid rela melepaskan diri dari segala miliknya ([kitab]lukas14:33[/kitab]). Terakhir, kapan pun dan di mana pun, murid berfungsi sebagai garam dan terang ([kitab]lukas14:34-35[/kitab]).

Sepanjang hayat, kita ini adalah murid yang diminta setia mengikut Kristus, Sang Guru. Bersama Sang Guru yang selalu menemani, kita pasti bisa melakukan setiap hal yang Dia kehendaki dan ajarkan – ACH

Sebagai murid Kristus, apakah kita benar-benar telah melakukan apa yang menjadi bagian kita?

Ikuti Kami