Menjaga Lidah
Kalangan Sendiri

Menjaga Lidah

Budhi Marpaung Official Writer
      7710
Show English Version

Efesus 4:29

Janganlah ada perkataan kotor dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun dimana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu101[/kitab]; [kitab]lukas13[/kitab]; [kitab]yosua13-14[/kitab]

Seorang guru tengah menjelaskan pada para muridnya tentang kekuatan kata-kata terhadap reaksi seseorang. Seorang muridnya berdiri dan memprotes, “Saya tidak setuju, Bu. Mana mungkin kata-kata punya efek besar terhadap diri kita!” Mendengar itu, sang guru membentak, “Duduk! Dasar anak bodoh!” Muka murid itu kemudian merah padam, malu bercampur marah, “Saya tidak menyangka seorang guru bisa berkata sekasar itu.”

Merespon muridnya, sang guru itu kembali merespon, kali ini dengan suara yang lembut, “Maafkan saya yang terbawa perasaan. Saya benar-benar menyesal.” Murid itu pun menjadi tenang. Kemudian sang guru berkata lagi, “Lihat, hanya dibutuhkan beberapa kata untuk membangkitkan amarahmu dan dibutuhkan beberapa kata juga untuk menenangkan dirimu. Itulah kekuatan kata-kata!”

Tidak sedikit masalah yang terjadi dalam hidup kita bersumber dari ketidakmampuan kita memilih kata-kata yang keluar dari mulut. Firman Tuhan hari ini mengingatkan, betapa berbahayanya jika tidak mampu menguasai lidah kita: tidak bijak memilih dan memilah perkataan yang terucap.

Yakobus dalam tulisannya membandingkan lidah dengan api, yang walaupun kecil, dapat membakar hutan yang besar ([kitab]yakob3:5[/kitab]). Api bisa bermanfaat, tetapi juga bisa menghanguskan. Seperti itulah lidah.

Maka, betap pentingnya kita mengendalikan lidah. Berkata-katalah hanya kalau itu bermanfaat, membawa berkat – meneduhkan, menghibur, menguatkan, memotivasi. Sebaliknya, kalau kita tahu itu tidak ada faedahnya, tidak jelas kebenarannya, bahkan mungkin menyakiti hati orang lain, membuat perpecahan dan memanaskan suasana, lebih baik kita tidak usah berbicara. Sebab dalam situasi demikian, diam berarti emas – AYA

Mengendalikan lidah itu sesuatu yang sulit, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya.

Ikuti Kami