Alasan Untuk Berpuasa

Alasan Untuk Berpuasa

Puji Astuti Official Writer
      5278
Show English Version

Matius 6:16

Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu13[/kitab]; [kitab]Matiu13[/kitab]; [kitab]IIRaj11-12[/kitab]

Pernyataan Yesus tentang berpuasa merupakan sebuah undangan bagi umat Tuhan untuk mengalami sesuatu yang lebih dari sekedar ritual. Puasa membuat kita menundukkan keinginan fisik kita di bawah kendali Roh Kudus, kita melepaskan pegangan kita pada hal-hal duniawi dan merangkul kehidupan spiritual. Berikut adalah beberapa alasan kuat mengapa kita harus berpuasa :

Membersihkan hati nurani. Saat kita berpuasa, kita harus memulai dengan pertobatan, sebab tanpa itu maka seruan dan doa kita tidak akan didengar oleh Tuhan. Mulailah dengan mengakui dosa, dan berbalik dari jalan-jalan yang jahat. Dengan demikian hati nurani kita akan dibersihkan dan kita memiliki kepekaan kepada suara Tuhan.

Tuntunan. Terkadang Tuhan ingin berbicara kepada kita, namun karena kesibukan kita dan juga berbagai hal menyita perhatian, kita tidak bisa mendengar suara-Nya dengan jelas. Puasa membuat manusia roh kita lebih peka, dengan demikian Tuhan dapat berbicara dengan jelas dan langsung kepada kita.

Perlindungan. Melalui puasa juga kita mengundang Tuhan untuk berkuasa penuh dalam kehidupan kita. Saat itulah kuasa Tuhan dinyatakan, belenggu kuasa kegelapan dipatahkan, dan kebebasan terjadi. Tidak hanya itu, serangan dari kuasa kegelapan pun turut dipatahkan.

Apakah Anda membutuhkan alasan lain untuk memulai puasa? Puasa bukan hanya untuk keuntungan diri kita sendiri, puasa adalah untuk mengijinkan Tuhan lebih lagi bekerja melalui kehidupan kita sehingga orang-orang disekeliling kita bisa merasakan kehadiran Allah. Ini sangat penting, jadi jangan pernah meremehkan ibadah puasa, jangan menjadikannya hanya sekedar ritual, namun lakukanlah itu sebagai ungkapa kasih kepada Tuhan.

Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk. ~ Yesaya 58:6

Ikuti Kami