Memahami Tugas

Memahami Tugas

eva Official Writer
          7140
Show English Version

Yohanes 6:38

Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku

 

Bacaan Alkitab setahun:[kitab]Mazmu75[/kitab];[kitab]0Roma3[/kitab];[kitab]Bilan33-34[/kitab]

Ketika memasuki Yerusalem, Yesus dielu-elukan. Sudah menjadi kebiasaan kala itu untuk menyambut para pendatang dari tempat lain ([kitab]Mazmu118:26[/kitab]). Namun, sambutan kali ini lain dari biasanya. Mereka menyambut Yesus dengan hamparan kain dan lambaian dahan pohon. Mereka menghendaki Yesus memimpin mereka untuk merebut kembali kejayaan bangsa Israel.

Pada situasi ini, orang mudah sekali terbuai oleh sanjungan massa. Namun, Yesus tidak terhanyut oleh harapan massa. Dia mengenal betul misi yang harus diemban-Nya. Meskipun ada godaan yang lebih menggiurkan, hal itu tidak mengubah tujuan-Nya semula. Begitu pula ketika menghadapi tantangan penderitaan. Meski sempat gundah ketika di taman Getsemani, akhirnya yesus menyongsong kematian itu dengan tegar.

Seorang pemimpin yang demokratis dalam mengambil keputusan memang harus mendengar suara orang banyak. Ada istilah “vox populi vox dei” (suara rakyat adalah suara Tuhan). Namun tidak semua suara terbanyak mengandung kebenaran. Hal ini sering terjadi pada masyarakat yang belum bisa berpikir kritis dan rasional. Dalam situasi ini, seorang pemimpin harus sungguh-sungguh mengenal visi dan misi yang diembannya sehingga walau massa menyanjungnya, dia tidak lupa daratan. Juga ketika menghadapi tantangan, nyalinya pun tidak ciut.

Kepemimpinan bukanlah jabatan, melainkan tugas yang harus diemban.

Ikuti Kami