Tabib Agung
Kalangan Sendiri

Tabib Agung

Budhi Marpaung Official Writer
      7354
Lukas 19:8
"Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 131; Yohanes 8; Yeremia 39, 52

Dokter dapat mengobati banyak penyakit, baik sakit fisik maupun mental. Tetapi hanya Yesus yang dapat menyebabkan terjadinya kesembuhan batin yang membuat seorang yang jahat bisa menjadi baik.

Suatu kali seorang psikiater ternama mengakui keterbatasan dirinya dalam sebuah percakapan dengan seorang pendeta Inggris. "Yang dapat dilakukan psikiater," katanya. "adalah menyingkap pribadi seseorang sampai Anda mendapatkan pribadi yang sesungguhnya; dan jika pribadi manusia itu buruk, tidak ada yang dapat dilakukan terhadapnya. Itulah saatnya bagi Anda untuk turun tangan." Di kemudian hari Barclay berkomentar, "Saya pikir yang dimaksudkannya adalah itu saat bagi Yesus untuk turun tangan."

Zakheus adalah orang jahat yang memerlukan kesembuhan batin. Sebagai kepala pemungut pajak, ia dapat mengambil apa yang telah dikumpulkan bawahannya. Karena itulah ia menjadi kaya. Rupanya ia telah mendengar tentang Yesus dan sangat ingin menemui-Nya. Karena bertubuh pendek, ia lalu memanjat pohon supaya dapat melihat dari atas kerumunan itu.

Tak disangka, ketika orang banyak mengerumuni diri-Nya, Yesus melihat kepada Zakheus dan mengatakan bahwa Dia akan datang ke rumahnya. Kira-kira apa yang dirasakan Zakheus begitu mendengar hal itu? Saya percaya hatinya dipenuhi oleh rasa bersalah. Sebagai bentuk pertobatannya, ia pun berkata kepada Yesus bahwa ia akan mengembalikan separuh dari kekayaannya kepada orang miskin dan mengembalikkan empat kali lipat kepada orang yang telah diperasnya. Yesus kemudian berkata, " Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini," (Lukas 19:9). Zakheus mengalami kesembuhan secara rohani. Hanya Tabib Agung yang dapat membuat orang jahat menjadi baik.

Hanya Yesus yang dapat memberikan kesembuhan total di hidup kita.

Ikuti Kami