JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Tari-Tarian Asli Betawi

(By : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com).    View : 25553 times

Tari-Tarian Asli Betawi

Memperingati ulang tahun Jakarta yang ke-485, kali ini Jawaban.com akan mengulas mengenai Jakarta dan kebudayaannya. Jakarta yang merupakan tempat asli penduduk Betawi, punya banyak kesenian daerah. Selain lagu-lagu daerah, ada juga tarian yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tarian Betawi, yaitu :

Tari Ondel-Ondel

Setiap ada gelaran hajatan di kalangan warga Betawi, arak-arakan ondel-ondel seperti tidak pernah ketinggalan. Ondel-ondel adalah boneka besar yang tingginya sekitar 2.5 meter dengan garis tengah 80cm yang dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul di dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki dicat merah, sedang perempuan dicat warna putih.

Tari Yapong

Tarian ini kadangkala berfungsi sebagai tari pergaulan untuk mengisi acara menari sesuai permintaan, karena tarian ini penuh dengan variasi. Tari Yapong merupakan tarian yang penuh kegembiraan dengan gerakan yang dinamis dan erotis. Tari ini kemudian diolah dengan unsur-unsur tari pop antara lain unsur tari daerah Sumatera. Selain juga dipengaruhi oleh unsur kesenian Tionghoa, misalnya dalam kain yang dipakai oleh para penari terdapat motif naga dengan warna merah menyala. Pengembangan pakaian tarian ini juga berasal dari tari Kembang Topeng Betawi yang terlihat jelas dari hias tutup kepala serta selempang dadanya, yang disebut toka-toka.

Tari Kembang Topeng

Tari ini termasuk yang paling kaya dengan unsur tari dan juga terpadu dengan unsur teater. Dalam bahasa Betawi, perkataan topeng dapat berarti tontonan, pertunjukan teater, penari atau primadona. Pemain Topeng Betawi biasanya dianggap sebagai primadona, kostumnya paling unik, serba meriah, dan gemerlapan. Dalam upacara "Kaulan" penari Kembang Topenglah yang diberikan kehormatan bersama tuan rumah dan anak yang dikaul, bersama memegang piring berisi ketupat kaul pada waktu mantera kaulan diucapkan, karena memang kebudayaan Betawi masih identik dengan upacara keagamaan.

Tari Samrah

Biasanya para penari samrah menari berpasang-pasangan dengan gerakan tari bermacam-macam, yang salah satunya dipengaruhi oleh gerakan silat. Tokoh dalam bidang musik samrah adalah Ali Sabeni.

Tari Cokek

Tarian ini biasanya digunakan untuk mengiringi tari pertunjukan kreasi baru, pertunjukan kreasi baru, seperti tari Sembah Nyai, Sirih Kuning, dan sebagainya. Tarian ini ditarikan berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Tarian ini juga diwarnai oleh budaya China. Tarian ini kerap identik dengan keerotisan penarinya, yang dianggap tabu oleh sebagian masyarakat. Pakaian penari cokek biasanya terdiri dari baju kurung dan celana panjang dari bahan semacam sutera berwarna.

Beragam tarian dari Betawi ini membuktikan kekayaan budaya yang terkandung di sana. Bagi orang Betawi, tentu tarian ini salah satu tarian yang harus dilestarikan. Namun, bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, kita patut bangga.


Tag Keyword : budaya, adat, tarian, betawi, kesenian

Imago Planet

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * daryl

    2014-01-29 10:33:02
    Jason suka LAURA
  • * daryl

    2014-01-08 08:52:04
    daryl daryl daryl daryl daryl daryl
  • * daryl1aqw

    2014-01-08 08:50:27
    ardi ketemuan yuk di rumahku ini alamatnya aku cewe cantik loh ini alamatnya janur asri 12 blok qi 9 no 14
  • * ARDI

    2013-11-28 08:05:15
    ARDI GANTENG
  • * ROBIN

    2013-10-30 10:44:35
    saya suka melakukan sesuatu hal dengan alfred loh stiap hari