Maukah Tuhan Menemui Kita Seperti Dia Bertemu dengan Musa?
Kalangan Sendiri

Maukah Tuhan Menemui Kita Seperti Dia Bertemu dengan Musa?

Claudia Jessica Official Writer
      3397

Keluaran 33:11

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 117; 1 Yohanes 1; Yehezkiel 40-41

Kisah Musa adalah salah satu yang ditandai dengan perjumpaan yang kuat dengan hadirat Tuhan. Musa adalah orang yang diurapi Tuhan untuk memenuhi hati Tuhan agar anak-anaknya bebas dari tawanan dan aman di bawah kedaulatannya. Sejak lahir, Musa secara ilahi ditetapkan untuk memimpin umat Allah kembali ke hubungan yang benar dengan Allah. Dan panggilan ini terpenuhi karena keinginan Tuhan yang konsisten mengutus Musa yang berkali-kali menyangkal panggilannya serta karena cara Tuhan yang ajaib.

Dalam melihat kehidupan Musa, ada dua jenis perjumpaan dengan Tuhan yang paling menonjol sebagai transformasi dan ilustrasi hati Tuhan untuk bertemu dengan umat-Nya. Sekarang kita akan melihat dua contoh pertemuan Tuhan dengan Musa ini, semoga Firman Tuhan memenuhi hati dan keinginan Anda untuk bertemu dengan Bapa seperti yang dilakukan Musa.

Pertama, Keluaran 3: 1-6 memberi kita wawasan tentang perjumpaan nyata pertama yang dialami Musa dengan Tuhan yang agung, Firman Tuhan mengatakan:

“Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb. Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api. Musa berkata: "Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?" Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah." Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus." Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.”

Dalam kisah tentang semak yang terbakar, kita melihat anugerah Tuhan dan kemurahan Tuhan atas kehidupan orang yang tidak layak. Musa telah melarikan diri dari tempat kejadian setelah membunuh orang Mesir karena menyerang seorang pria Ibrani. Selama bertahun-tahun dia bersembunyi di gurun, hidup di luar pengaruh duniawi yang nyata. Tapi Tuhan memanggil Musa keluar dari padang gurun ke dalam kehidupan yang dalam, dampak yang kekal.

Kedua, kita melihat hati Tuhan untuk secara konsisten bertemu dan mengutus Musa di Kemah Pertemuan yang terdapat dalam Keluaran 33:7-11. Firman Tuhan mengatakan dalam Keluaran 33: 7-11:

“Sesudah itu Musa mengambil kemah dan membentangkannya di luar perkemahan, jauh dari perkemahan, dan menamainya Kemah Pertemuan. Setiap orang yang mencari TUHAN, keluarlah ia pergi ke Kemah Pertemuan yang di luar perkemahan. Apabila Musa keluar pergi ke kemah itu, bangunlah seluruh bangsa itu dan berdirilah mereka, masing-masing di pintu kemahnya, dan mereka mengikuti Musa dengan matanya, sampai ia masuk ke dalam kemah. Apabila Musa masuk ke dalam kemah itu, turunlah tiang awan dan berhenti di pintu kemah dan berbicaralah TUHAN dengan Musa di sana. Setelah seluruh bangsa itu melihat, bahwa tiang awan berhenti di pintu kemah, maka mereka bangun dan sujud menyembah, masing-masing di pintu kemahnya. Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.”

Betapa luar biasanya hati Allah kita bahwa Dia bertemu dengan Musa “muka dengan muka, seperti seorang berbicara kepada temannya.” Jika Tuhan akan bertemu dengan Musa, seorang pria yang belum ditebus oleh pengorbanan Yesus, apalagi dia akan bertemu dengan kita? Jika Tuhan mau menunjukkan kasih karunia kepada Musa, bayangkan sebanyak apa kasih karunia yang tersedia bagi kita, yang sekarang memiliki Tuhan sendiri yang tinggal di dalam kita!

Kita memiliki akses ke dalam hubungan yang jauh lebih besar daripada pertemuan tatap muka seperti yang dimiliki Musa. Kita memiliki Roh Allah di dalam diri kita yang sekutu dengan roh kita. Kita tidak perlu menemukan semak yang menyala atau mendirikan Kemah Pertemuan. Relasi sejati yang dipulihkan menemukan sumbernya dalam perjumpaan yang tak berkesudahan dengan hadirat Allah yang tinggal bersama kita dan di atas kita.

Semoga Anda mengejar bagian yang lebih besar dari hubungan dengan Bapa hari ini. Semoga Roh Anda hidup saat Anda bertumbuh dalam kesadaran akan Roh Tuhan. Semoga Anda memiliki perjumpaan yang penuh kuasa dan transformastif dengan hadirat Tuhan yang serupa seperti yang dialami oleh Musa.

 

Disadurkan dari first15.org.

Ikuti Kami