Tuhan Mampu Mengubahkan Hati Seseorang Sampai Pada Akar yang Terdalam Sekalipun
Kalangan Sendiri

Tuhan Mampu Mengubahkan Hati Seseorang Sampai Pada Akar yang Terdalam Sekalipun

Claudia Jessica Official Writer
      2455

Filipi 1: 6

“Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 110; 1 Petrus 2; Yehezkiel 25, 29:1-16

“Ini tidak akan pernah berakhir.” Saat saya mengikis tanah, saya berhenti untuk melihat semua akar rumput yang mencuat dari tanah. “Bagaimana mereka sampai di sana?” Saya pikir.

Di taman azalea dan hydrangea baru kami, rumput merayap kembali, menemukan lubang-lubang kecil di antara serpihan mulsa cedar untuk mengubur akarnya. Area taman ini memiliki begitu banyak akar rumput yang membandel sehingga saya terengah-engah dan harus berhenti untuk mencabutnya. Cangkul kebun saya membantu mengekspos akarnya, tetapi saya harus mencabut setiap akar dengan tangan.

Namun saya bertekad. Saya tidak ingin akar rumput mencekik akar bayi hydrangea saya.

“Bapa, saya sangat menyesal. Tolong maafkan saya."

Skenario tersebut sangat memukul saya. Berapa kali saya membiarkan sikap buruk atau cara berpikir yang salah berakar di hati dan pikiran saya? Yang dibutuhkan hanyalah sedikit ruang untuk tumbuh, dan hal itu menciptakan akar yang keras kepala, sulit untuk dicabut.

Doa saya untuk pengampunan berubah menjadi rasa syukur. “Terima kasih, Bapa, karena begitu sabar denganku.” Tuhan begitu penuh kasih dan setia bekerja dalam kehidupan anak-anak-Nya, memelihara taman hati dan pikiran kita.

Filipi 1: 6 mencatat, “Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”

Dia akan menyelesaikan pekerjaan itu. Dia tidak akan berhenti. Tidak peduli seberapa dalam akar dari cara berpikir, perasaan, atau tindakan yang berbahaya. Jika kita berubah menjadi takut, bukannya beriman, Tuhan tahu bagaimana menyelamatkan kita darinya. Jika reaksi bawaan kita terhadap orang atau keadaan yang sulit adalah kemarahan yang hebat, Dia tahu bagaimana membasminya. Jika kebiasaan lama yang sama mencoba merayap kembali ke dalam hidup kita dan mencekik kekuatan dan sukacita, Dia tahu bagaimana menjaga kita jika kita meminta bantuan-Nya.

Tujuan Allah bagi kita adalah untuk menjadi lebih dan lebih seperti Yesus, “untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya” (Roma 8: 29). Kebenaran adalah cara Yesus berpikir, merasa, dan bertindak. Akar kebenaran seperti serat ulat yang terbuat dari cinta, kekuatan, dan kemenangan. Mereka terdiri dari ketekunan dan kesetiaan. Dan mereka menghasilkan dampak yang kekal bagi kerajaan Allah.

Jadi Tuhan mencabut rasa takut dan khawatir, lalu Dia menanam benih iman di hati kita. Dia mengungkap akar kemarahan yang terpelintir dan menggantinya dengan pengertian, kesabaran, dan perspektif-Nya. Dia melepaskan sulur-sulur yang merayap dari fokus yang berpusat pada saya dan menanamkan dalam diri kita fokus yang kekal, pada hal-hal di atas, bukan pada hal-hal di bumi (Kolose 3: 2).

Tuhan membangun taman keindahan dan kekuatan, sukacita dan kedamaian di dalam diri kita. Dia membuatnya menarik sehingga orang-orang di sekitar kita dapat melihat perbedaan yang Dia buat dalam hidup kita dan mereka juga ingin mengenal Dia. Untuk mengenal Dia sebagai Dia yang menyelamatkan hati dan pikiran mereka sendiri.

Jika pergumulan tertentu mencekik kebenaran Yesus dalam pikiran dan hati Anda, mintalah bantuan kepada “Tukang Kebun” yang setia. Saya telah berkali-kali berseru kepada-Nya untuk mencabut sesuatu yang berbahaya. Hati-Nya yang setia menggerakkan Dia untuk selalu bekerja di dalam kita, tetapi Dia membutuhkan kerja sama kita. Hidup dengan Tuhan adalah kemitraan, dan menjadi lebih seperti Yesus adalah proses seumur hidup yang menghasilkan buah yang indah.

Bagaimana Tukang Kebun yang setia bekerja dalam hidup Anda hari ini? Semoga kita selalu bekerja sama dengan pekerjaan pembebasan-Nya.

 

Hak Cipta 2021 oleh Katy Kauffman, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami