Masuk ke Dalam Ruangan Doa
Kalangan Sendiri

Masuk ke Dalam Ruangan Doa

Claudia Jessica Official Writer
      3677

Matius 6:33

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Bacaan alkitab setahun: Mazmur 14; Matius 14; Kejadian 27-28

Apa yang terjadi pada ruangan doa? Jika kamu belum pernah mendengarnya, itu adalah tempat pribadi untuk menghabiskan waktu bersama Tuhan. Bisa jadi bilik yang kecil, ruangan pribadi, atau bahkan sebuah kursi di sudut kamarmu.

Ruang doa pribadiku adalah sofa di kantor pusat. Itu adalah tempat yang pas untuk menyendiri dan berdoa pada Tuhan.

Alkitab mencatat bahwa Tuhan Yesus pergi untuk berdoa sendirian:

Markus 1:35 "Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana." (TB).

Ini sangat penting karena Yesus mengatakan pada kita dalam Matius 6:6 "Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu" (TB).

Kemudian tiga ayat kemudian, Dia mengajarkan kita bagaimana berdoa:

Matius 6:9-13

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan,tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]

Kita menyebutnya sebagai Doa Bapa Kami, yang menggambarkan keintiman sehari-hari bersama Bapa kita. Saat kamu memasuki ruangan doamu, mencari Tuhan dan membiarkan Dia berbicara pada hatimu.

Ini akan menjadi kebiasaan yang kamu cintai, dan hubunganmu bersama Tuhan akan menjadi lebih intim dan dekat. Dengan cepat, hal ini akan menjadi bagian terindah dalam harimu.

Sekarang, jangan hanya memasuki ruang doamu dan bertanya tentang ini dan itu. Banyak dari kita membuat ruang doa menjadi ruang persediaan. Kita hanya pergi kesana untuk meminta sesuatu. Kita tidak pergi kesana untuk membangun hubungan dengan Tuhan.

Malah mencari Dia, untuk meminta apa yang kita inginkan! Kita hanya membangun rak di dalam ruangan doa, membuatnya jadi sulit untuk dimasuki. Jadi kita dengan mudah mencapainya dan mendapatkan apa yang kita inginkan. Ini waktunya untuk kita orang percaya, untuk mengambil sekat dan membuatnya kembali menjadi ruangan doa kita.

Kita harus membuatnya menjadi tempat dimana kita bisa masuk, bersujud dan menyembbah dalam Roh bersama dengan Tuhan. Di dalam ruangan doa, kita harus memberikan diri kita kepada Dia dan belajar untuk menikmati kehadiranNya. Ini adalah apa yang Dia inginkan. Ini menyenangkan hati Bapa kita.

Ketika kita mencari kehadiranNya, Dia melihat kita membutuhkan dan memberi kita kehadiranNya.

Bapa kita tahu apa yang kita butuhkan sebelum kita meminta, bahkan jika kita tidak mengatakannya. Tapi apa yang Dia butuhkan? Kita! Jangan lewatkan bagian terbaik dari kehidupan rohani, ketika bersama Tuhan. Jadi luangkan sedikit waktu, pindahkan sekat yang mengahalangi dan masuk ke ruangan doamu!


Hak Cipta © Gene Markland, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami