Allah Mendidik Hamba yang Akan Dipakai
Kalangan Sendiri

Allah Mendidik Hamba yang Akan Dipakai

Lori Official Writer
      8895
Show English Version

Kisah Para Rasul 7: 30

Dan sesudah empat puluh tahun tampaklah kepadanya seorang malaikat di padang gurun gunung Sinai di dalam nyala api yang keluar dari semak duri.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu54[/kitab]; [kitab]Marku4[/kitab]; [kitab]Yesay61-62[/kitab]

Ketika Allah akan memakai seseorang, maka Ia akan mendidik dan membentuk orang itu agar siap dipakai Allah. Allah mendidik Musa sekitar empat puluh tahun lamanya dalam sekolah yang luar biasa, yaitu istana Mesir. Namun rupanya pendidikan tersebut masih belum cukup. Musa pun dikirim ke Midian selama empat tahun lagi untuk didikan lebih lanjut.

Setelah Musa dewasa, suatu hari ia mendapati seorang Mesir memukul seorang Ibrani. Ia menganggap orang Ibrani sebagai saudaranya. Itu berarti dia tahu bahwa dia adalah keturunan orang Ibrani, meski Ia telah dibesarkan di istana Mesir. Dan pada saat itu pula dia membunuh orang Mesir itu ditempat yang sunyi, sebab ia tahu risiko yang akan diterimanya jika ketahuan melakukan tindakan itu. 

Lalu mengapa Musa tetap membunuh orang Mesir itu? Stefanus memberikan pemahaman bahwa Musa beranggapan bahwa Allah memakai dia untuk menyelamatkan saudara-saudaranya, walaupun mereka tidak mengerti [kitab]Kisah7:25[/kitab]. Saat itu, Musa merasa tinggi hati karena dipakai Tuhan dan mengaku layak untuk mencabut nyawa orang lain. Pendidikan dalam istana ternyata belum cukup membentuk Musa seperti yang Tuhan inginkan. Sehingga Tuhan kembali harus mendidiknya selama empat puluh tahun di Midian.

Allah memang akan mendidik dan membentuk orang yang Dia pilih untuk menjadi hamba-Nya. Bukan hanya dalam soal pengetahuan, terlebih dalam soal karakter sebagai hamba yang rendah hati dan lemah lembut. Maka janganlah mengeluh jika Allah mendidik kita dengan cara-cara dan dalam waktu yang kita tidak sukai, karena itu berarti bahwa Allah akan memakai kita dengan lebih efektif lagi.

 

Setiap orang yang dipilih dan diutus akan terlebih dahulu menjalani pendidikan dari Tuhan, baik lewat pengalaman menyedihkan dan menyenangkan

Ikuti Kami