Pengujung Tahun
Kalangan Sendiri

Pengujung Tahun

Budhi Marpaung Official Writer
      4916
Show English Version

Yakobus 4:14

Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu31[/kitab]; [kitab]filip3[/kitab]; [kitab]0ayub42[/kitab]

Tidak terasa, kita sudah berada di pengujung tahun. Sebetulnya pengujung tahun atau bukan, itu hanya soal penanggalan (kalender). Di dunia ini ada banyak sekali penanggalan; ada kalender Yahudi, kalender Persia, kalender Jawa, kalender Hindu, kalender Cina, dan sebagainya. Setiap kalender memiliki memiliki penghitungan sendiri.

Tahun ini seperti yang kita kenal adalah penanggalan barat (tahun masehi). Kalender ini adalah karya Paus Gregorius XIII tahun 1508 (karena itu sering juga disebut Kalender Gregorius), penghitungannya dimulai dari kelahiran Tuhan Yesus.

Akan tetapi, terlepas kalender apapun yang digunakan, pemahaman tentang ‘”pengujung tahun” tetaplah sangat penting. Itu mengingatkan kita akan kefanaan hidup ini, bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini akan berakhir. Hidup kita, dengan segala suka-dukanya, kesuksesan-kegagalannya, cepat atau lambat akan segera berakhir. Rasul Yakobus mengumpamakan hidup ini seperti uap “yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap” ([kitab]yakob4:14[/kitab]). Ya, betapa ringkih dan rapuhnya hidup kita di dunia ini.

Maka, baiklah kita bijak dalam menjalani hari-hari kita, agar kita tidak salah melangkah, yaitu dengan senantiasa melibatkan Tuhan dalam setiap rencana ([kitab]yakob4:15[/kitab]). Jangan berpikir, bahwa kita akan mampu menentukan dan melakukan segala-galanya seorang diri, tanpa Tuhan. Itu adalah sebuah kecongkakan ([kitab]yakob4:16[/kitab]). Sebab, betapa pun hebatnya kita, tetaplah kita ini makhluk yang fana.

Mari, dalam setiap langkah, kita selalu ingat dan lekat pada Sang Pencipta. Hanya dengan demikian hidup kita akan terjaga. Selamat menyongsong tahun yang baru – AYA

Hidup ini adalah titipan Tuhan yang harus kita pertanggungjawabkan suatu hari kelak.

 

Ikuti Kami