Kasihilah Kritik!
Kalangan Sendiri

Kasihilah Kritik!

daniel.tanamal Official Writer
      8845
Show English Version

1 Petrus 4:14-15

“Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu. Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau."

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 59; Markus 3; Bilangan 1-2

Mantan rektor Kings College di New York, DR. Robert A. Cook dalam sebuah acara televisi, pernah menceritakan pengalamannya ketika mendapat begitu banyak kritik di awal tahun pelayanannya. Kritik tersebut disampaikan dari beberap kalangan, mulai rekan seprofesi, hamba Tuhan bahkan dari orang-orang awam.

Cook pun mencurahkan segala isi hatinya dan meminta nasehat kepada pendeta yang juga sahabatnya Harry Ironside, mengenai cara menghadapi segala kritik tajam yang kini menyerang dirinya. Sebuah nasihat sederhana dan begitu kuat pun meluncur dari mulut sang sahabat tersebut. “Bob, kalau sekiranya kritik yang disampaikan kepadamu itu benar, terimalah dengan lapang dada! Tetapi kalau kritik itu tidak benar, lupakanlah!”

Memang tidak diketahui lagi bagaimana Cook mengaplikasikan nasehat dari temannya tersebut. Namun jika Cook sampai menjadikan pengalamannya tersebut sebagai kesaksian bagi sesama di sebuah acara televisi, berarti ada nilai dan kekuatan yang begitu besar dari hal itu. Dikemudian hari Cook menjadi pribadi yang penuh dengan talenta dirinya dikenal sebagai seorang pendeta, penulis buku Kristen dan penyiar radio.

Cook menjadi seorang pendeta di sebuah gereja Baptis dan melayani selama 18 tahun. Dirinya menulis sebuah buku terkenal berjudul Now That I Believe yang diterjemahkan dalam 27 bahasa dan terjual lebih dari satu juta copy. Cook juga pernah didaulat sebagai presiden National Association of Evangelicals dan presiden National Religious Broadcasters.

Sebuah kritik yang dilontarkan kepada kita dapat membangun namun dapat juga menjatuhkan kita. Bukan dari bagaimana isi kritik itu, namun dari bagaimana cara dan pola pikir kita untuk mengolah kritik tersebut.

Dari kritik kita dapat menyatakan kasih Kristus, yaitu mengasihi setiap pengkritik kita dan mengasihi diri kita sendiri untuk tetap positif dalam menerima kritik yang tidak benar dan mau berubah jika kritik itu benar.

 

Ikuti Kami