Tidak Meragukan Janji Tuhan
Kalangan Sendiri

Tidak Meragukan Janji Tuhan

Budhi Marpaung Official Writer
      2863
I Raja-raja 18:1
Dan sesudah beberapa lama, datanglah firman TUHAN kepada Elia dalam tahun yang ketiga: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada Ahab, sebab Aku hendak memberi hujan ke atas muka bumi."

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 113; 1 Petrus 5; Yehezkiel 28, 30:20-26

Dalam ayat pertama pada 1 Raja-raja 18, ada sebuah frase yang mengesankan saya yang bunyinya seperti ini: "datanglah firman TUHAN kepada Elia dalam tahun yang  ketiga." Mengapa berkesan bagi saya? Karena disana ditulis bahwa selama tiga tahun bumi tidak pernah turun hujan. Tiga tahun adalah waktu yang sangat lama. Anda tidak bisa membayangkan bagaimana daratan terus kering selama itu, bukan? Namun tahukah Anda bahwa Tuhan sedang melakukan sesuatu melalui peristiwa ini? 

Di dalam ayat-ayat selanjutnya, Anda akan menemukan peristiwa dimana Elia harus bertarung dengan ratusan nabi palsu yang dimiliki kerajaan Israel di bukit Karmel. Ia melakukan ini bukanlah untuk menunjukkan bahwa ia adalah orang yang punya kuasa, tetapi semata-mata untuk menunjukkan kepada Raja Ahab dan bangsa Israel bahwa Tuhan yang bersama dia adalah hidup dan kepada-Nya lah mereka seharusnya menyembah.

Singkat kisah, Elia berhasil mengalahkan para nabi palsu tersebut dan hal ini sungguh membuat mata hati bangsa Israel tercelik. Mereka pada akhirnya mengakui juga bahwa Tuhan Abraham, Ishak, dan Yakub adalah benar-benar Allah. Bahkan di akhir kisah ini, hujan turun persis seperti apa yang disampaikan Tuhan kepadanya sebelum ia bertemu Raja Ahab, rakyat Israel, dan para nabi palsu.

Yang menarik dari keseluruhan peristiwa ini bukanlah pada kesuksesan Elia mengatasi nabi-nabi palsu, tetapi keteguhan hatinya akan janji Tuhan. Ia tidak pernah menyangsikan perkataan Tuhan. Ia tetap percaya bahwa Tuhan pasti menggenapi apa yang telah diucapkan-Nya.

Sebagai anak-anak Tuhan, kita seharusnya memiliki sikap seperti Elia, yang tidak pernah ragu akan setiap firman-Nya. Kita harus yakin sungguh-sungguh bahwa sekali DIA berbicara maka itu pasti terjadi. Apa janji yang pernah diucapkan-Nya saat ini kepada Anda? Apakah itu sudah tergenapi? Jika belum, teruslah pegang janji karena pada saat yang tepat DIA akan menjadikan itu nyata dalam kehidupan Anda.

Sekali Tuhan berjanji kepada Anda, maka Dia pasti menggenapinya.

Ikuti Kami