Allah Sang Penyembuh
Kalangan Sendiri

Allah Sang Penyembuh

Puji Astuti Official Writer
      4589

Keluaran 15:26

Firman-Nya: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.”

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 18; Ibrani 12; Ayub 11-12

Berikut ini sesuatu yang belum pernah Anda dengar sebelumnya: orang yang telah tulus dan membuka hatinya tanpa syarat kepada Tuhan akan berkata, "Aku lebih baik dari sebelumnya!"

Ini tidak berarti orang percaya tidak akan mengalami cobaan dan kesengsaraan. Bahkan, Yesus mengatakan bahwa kita akan mengalaminya (Yohanes 16:33). Tapi harus kita bedakan apa yang Tuhan ijinkan diluar dan apa yang Dia lakukan di dalam diri kita. Secara lahiriah, hal-hal yang terjadi tidak selalu lebih baik. Tetapi di dalam hati, Tuhan selalu melakukan sesuatu yang baik. Dia selalu membawa kita dalam peningkatan.

Itulah apa yang Dia lakukan, hal tersebut menggambarkan siapa diri-Nya, melalui  nama-Nya, Yehova-Rapha. Kata Rapha digunakan lebih dari enam puluh kali dalam Perjanjian Lama, dan terjemahannya biasanya menunjukkan penyembuhan atau disembuhkan, seperti dalam Keluaran 15:26. Tetapi kita perlu memahami bahwa kata Rapha tidak terbatas pada itu. Ini juga bisa berarti "memperbaiki," "mengembalikan," atau hanya "membuat lebih baik."

Banyak kali, kita menggambarkan Tuhan sebagai penyembuh kita dan membatasi untuk hal-hal fisik saja. Tentu saja, Allah dapat melakukannya dan memang secara fisik Ia menyembuhkan umat-Nya sesuai dengan kehendak-Nya. Tetapi Yehova-Rapha jauh lebih besar dari itu. Dalam pengertian yang lebih komprehensif, Allah membuat kita lebih baik dalam totalitas, dan orang-orang yang telah membuka hidup mereka kepada-Nya pasti akan setuju!

Yehova-Rapha tidak pernah meninggalkan umat-Nya menjadi lebih buruk. Pengaruh-Nya atas kita selalu positif. Dia terus-menerus memperbaiki, memulihkan, dan memperbaiki mereka di dalam, karena itu bagian tak terpisahkan dari diri-Nya. Mari datang kepada-Nya dengan hati yang hancur dan patah. Dia menerima kita, dan Ia akan memulai proses memperbaiki dan memulihkan kita - membuat kita lebih baik dari sebelumnya. Dan itu semua karena Dia adalah Yehova-Rapha.

Yesus adalah Allah Penyembuh, apapun rasa sakit yang Anda rasakan, Ia dapat menyembuhkan Anda.

Ikuti Kami