Hidup Dalam Anugerah Tuhan
Kalangan Sendiri

Hidup Dalam Anugerah Tuhan

Liana M. Tapalahwene Contributor
      2152

Yohanes 5: 26

“Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 95; Lukas 7; Yosua 1-2

Sahabat terkasih di dalam Tuhan Yesus, hari ini kita akan belajar dan merenungkan mengenai keterikatan hidup seorang anak, dalam hal ini adalah hubungan Yesus dengan Allah Bapa.

Kristus adalah gambaran ketaatan dan penundukan diri, ini adalah teladan yang dicontohkan oleh Yesus kepada kita. Kitab Yohanes 5:26 mengatakan, “Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.”

Bacaan ini mengandung isi pernyataan yang sangat penting. Sebelum itu, mari kita baca Injil Yohanes 1:4 terlebih dahulu yang menyatakan bahwa “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” Bukankah maknanya sangat jelas? Yesus memiliki kuasa yang sama seperti yang  Bapa miliki.

Mari kita garis bawahi kalimat “Dalam Dia ada hidup”. Jika kalimat ini kita sandingkan dengan bacaan dari Yohanes 5:26, yang menyatakan keberadaan Anak yang mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, maka terkandung rahasia besar yang luar biasa.

Rahasia yang membukakan mata kita akan kuasa mujizat yang menjadi nyata. Bagaimana Yesus telah berperan melakukan mujizat dalam perjalanan pelayanan-Nya, hal itu dimulai ketika perjamuan kawin di Kana, Yohanes 2:11 “Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.”

Mujizat lain yang dilakukan Yesus adalah membangun percakapan dengan Nikodemus dan perempuan di sumur Yakub. Hal ini menunjukkan bahwa Yesus mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. Hidup yang sama dengan hidup ilahi atau hidup kekal yang dimiliki oleh Bapa.

Sahabat terkasih, marilah kita menghidupi firman Tuhan dalam setiap lini kehidupan kita, sehingga pancaran terang kasih Tuhan semakin nyata atas kita. Selamat menikmati hidup dalam anugerah, Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami