Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Bergumul Dengan Dosa, Apakah Kita Bisa Lepas Dari Hal Ini? Sumber : CBN.com

11 August 2019

 673
[Daily Devotional]

Bergumul Dengan Dosa, Apakah Kita Bisa Lepas Dari Hal Ini?

Roma 7:15 

“Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.”

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 42; 1 Timotius 6; Yesaya 37-38

Maksudnya apa sih ayat di atas?

Sedikit membuat kepala pusing, bukan? Kadang-kadang Paulus agak berbelit-belit saat menyampaikan sesuatu. Gampangnya kamu seperti melihat kedua tangan ini saling menunjuk, saat membaca ayat ini dan ayat-ayat berikutnya. Kalimat tersebut seperti permainan bola voli di mana bola akan dipukul bolak-balik.

Bola voli adalah permainan yang menyenangkan, apakah kamu juga suka menonton bola voli  atau bahkan suka main voli. Sangat menegangkan, terutama jika bola dipukul bolak-balik dalam waktu yang lama.Bola tersebut akan memantul dari satu pemain ke pemain yang lain, melintasi net, bolak-balik, dan resikonya semakin tinggi semakin lama bola dimainkan. Siapa yang akan melakukan pukulan smash ? Siapa yang akan melewatkannya? Ketika pukulan ini terjadi, pemain dan penonton akan sering bereaksi.

Perjuangan internal yang digambarkan Paulus dalam Roma 7 tidak terlalu menyenangkan. Kita berhadapan bolak-balik dengan dosa. Kita dengan sukarela berpartisipasi, membenci diri kita sendiri karena kelemahan kita sendiri, mempertanyakan seberapa nyata iman kita, bertanya-tanya apakah kita benar-benar telah diselamatkan. Kita mengalami saat-saat ketika kita merasa ingin menyerah dan tak mampu, dan terkadang kita melakukannya. Tetapi Tuhan tidak. Dia tahu sejak awal, dan tahu sekarang bahwa kita membutuhkan seorang Juru Selamat.

Namun, ada saat-saat ketika, terlepas dari apa yang telah kita pelajari dan seberapa jauh kita telah sampai, kita ingin bangkit kembali. Mungkin hidup lebih mengasyikkan saat itu atau kamu sedang mengalami banyak kesenangan atau menghasilkan lebih banyak uang, atau memiliki lebih banyak kencan, atau ... atau ... lainnya. 

Mungkin jika kita mencicipi sedikit saja dari apa yang kita lewatkan, maka kita akan bangkit kembali ke sisi lain dari jaring? Hanya kunjungan singkat. Lagipula, jika Kristus sudah mengurus hasil akhir permainannya, mengapa kita harus khawatir?

Syukurlah, Paulus membahas hal ini dalam Roma 6 dengan mengajukan pertanyaan yang sangat penting: “Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu ialah kematian.” (Ayat 21). 

Sekarang, jujurlah dengan dirimu sendiri dan Tuhanmu ketika kamu menjawab pertanyaan ini: Bagaimana dosa menjadi lebih “menguntungkan” dibandingkan dengan pikiran dan hati yang damai di masa sekarang? Bagaimana pilihan untuk berbuat dosa memperlihatkan rasa syukur atas kehidupan kekal di masa depan?

Kita dapat menyimpulkan bahwa Paulus bergumul seperti yang kita alami, dan cukup jujur untuk menuliskan pergolakan yang ada dalam pikiran, hati, dan tindakan kita. Tapi, jujur, apakah kamu tidak bosan menghadapinya?

Tuhan, akhir-akhir ini aku bertanya-tanya apakah aku akan lebih baik kembali ke ___________________ (tuliskan pergumulan dosa kamu). Sepertinya hidup lebih ________________________ (tuliskan kondisinya) saat itu, tetapi saya tahu hubunganku dengan-Mu akan rusak. Aku meminta, pertama, untuk pengampunan dari-Mu dan, kedua, untuk kekuatan dan kesabaran karena aku ingin Engkau bekerja di hati dan pikiranku sehingga aku dapat mengatasi pergumulan ini. Dan karena aku tahu siapa diri-Mu, silahkan ambil bagian dari masa laluku yang buruk itu dan gunakan itu untuk kemuliaan-Mu.

Dikutip dari Devotions for the Beach oleh Miriam Drennan. Thomas Nelson © 2012. Digunakan atas izin Thomas Nelson, Inc. www.thomasnelson.com.

Sumber : Diterjemahkan dari CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3